Tugas Akhir DIII
GAMBARAN FAKTOR PENGETAHUAN DAN MOTIVASI DIETISIEN DALAM PROSES ASUHAN GIZI TERSTANDAR DI KLINIK GIZI RAWAT JALAN PENYAKIT JANTUNG RSUD dr. LOEKMONO HADI KUDUS
XML
Latar belakang: Proses Asuhan Gizi Terstandar (PAGT) adalah metode sistematis yang digunakan untuk memecahkan suatu masalah gizi. PAGT digunakan untuk memperbaiki mutu pelayanan gizi sehingga dapat menghasilkan outcome yang baik. PAGT merupakan pelayanan gizi yang menjadi tanggung jawab dietisien yang berorientasi kerja dalam bidang preventif dan rehabilitatif penyakit terutama pada bidang makanan dan gizi.
Tujuan penelitian: Mengetahui bagaimana pelaksanaan PAGT di klinik rawat jalan penyakit jantung RSUD dr. Loekmono Hadi Kudus.
Metode penelitian: Penelitian ini menggunakan rancangan cross sectionalkualitatif. Subyek penelitian merupakan enam dietisien yang sedang bekerja dan sudah menerapkan PAGT di klinik gizi rawat jalan penyakit jantung RSUD dr. Loekmono Hadi Kudus. Data yang dikumpulkan berupa jenis kelamin, umur, dan pendidikan. Motivasi dietisien dan pengetahuan PAGT dikumpulkan dengan wawancara mendalam dan observasi dibantu dengan kuesioner, catatan, dan tape recorder.
Hasil: Dietisien mengalami kendala dalam mengumpulkan assesmen gizi yaitu data biokimia pasien. Diagnosis dan intervensi gizi sudah dilakukan dengan baik, namun monitoring evaluasi gizi untuk pasien rawat jalan belum bisa dilakukan. Faktor pengetahuan PAGT dietisien tergolong kurang (66,7%) dan motivasi dietisien dalam menjalankan PAGT adalah peraturan rumah sakit (50%).
Simpulan: Dietisien belum bisa mengaplikasikan sesuai dengan tahapan-tahapan pada PAGT.
Kata kunci : PAGT, pengetahuan PAGT, motivasi dietisisen.
Daftar pustaka : 20 (2003 – 2018)
Informasi Detail
Pernyataan Tanggungjawab |
MEIRINA DWI LARASATI, SST, MGizi
|
---|---|
Pengarang |
LAILIA ARAFATUL MABRUROH - Pengarang Utama
|
NIM |
P1337431115022
|
Bahasa |
Indonesia
|
Deskripsi Fisik |
X+49 hlm.;ilus.;29 cm.
|
Dilihat sebanyak |
1243
|
Penerbit | Prodi DIII Gizi Semarang POLTEKKES KEMENKES SEMARANG : ., 2018 |
---|---|
Edisi | |
Subjek | |
Klasifikasi |
NONE
|