
Tugas Akhir DIII
MUTU PELAYANAN TERHADAP TINGKAT KEPUASAN PASIEN PASCA TINDAKAN PELAYANAN GIGI DAN MULUT PADA KLINIK SITI CHABSAH SEMARANG TAHUN 2018
XML
Tingginya angka penduduk Indonesia yang tidak melakukan perawatan pengobatan berhubungan dengan rendahnya mutu pelayanan yang diberikan menyebabkan turunnya persepsi masyarakat untuk berobat. Mutu pelayanan dapat dilihat dari kepuasan pasien atau pelanggan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui mutu pelayanan terhadap tingkat kepuasan pasien pasca tindakan pelayanan kesehatan gigi dan mulut pada Klinik Siti Chabsah Semarang.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif, dengan menggunakan rancangan cross sectional. Teknik pengambilan sampel menggunakan cara purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini yaitu sejumlah 54 pasien, dalam hal ini penulis mengambil sampel yang memenuhi kriteria yaitu sejumlah 31 responden. Alat ukur dalam penelitian ini yaitu menggunakan angket. Data yang diperoleh dari hasil penelitian ditampilkan dalam bentuk tabel distribusi frekuensi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat mutu pelayanan kesehatan gigi dan mulut di poli gigi Klinik Siti Chabsah dalam kategori cukup sebesar 54,8% dengan tingkat kepuasan dalam kriteria puas sebesar 51,6%. Kesimpulan yang didapat yaitu ada pengaruh mutu pelayanan terhadap tingkat kepuasan pasien. Untuk itu bagi poli gigi Klinik Siti Chabsah diharapkan dalam pelayanan kesehatan mutu pelayanan lebih ditingkatkan guna mengoptimalkan kepuasan pasien
Informasi Detail
Pernyataan Tanggungjawab |
Suwarsono, S.Pd, S.SiT, M.Pd dan drg. Ani Subekti, MDSc, Sp.KGA
|
---|---|
Pengarang |
Indah Arum Sari - Pengarang Utama
|
NIM |
P1337425115018
|
Bahasa |
Indonesia
|
Deskripsi Fisik |
xii, 46 hlm. : Illus. : Tabel : Lamp.; 29 Cm
|
Dilihat sebanyak |
598
|
Penerbit | Prodi DIII Keperawatan Gigi Semarang POLTEKKES KEMENKES SEMARANG : POLTEKKES KEMENKES SEMARANG., 2018 |
---|---|
Edisi | |
Subjek | |
Klasifikasi |
081
|