ANISA SETYOWATI; " />

Detail Cantuman

No image available for this title

Skripsi D IV

EFEKTIFITAS APLIKASI MEDIA GAMBAR FLASHCARD DAN FLIPCHART DALAM PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA 3-4 TAHUN

XML

Poltekkes Kemenkes Semarang
Jurusan Kebidanan magelang
Prodi Sarjana Terapan Kebidanan Magelang
2018
ABSTRAK
Anisa Setyowati1, Siti Rofi’ah2, Ribkha Itha Idhayanti3
Efektifitas Aplikasi Media Gambar Flashcard dan Flipchart Dalam
Perkembangan Bahasa Anak Usia 3-4 Tahun
129 hal + 19 tabel +2 bagan + 13 lampiran
Anak merupakan generasi penerus bangsa yang perlu diberikan stimulasi
sedini. Data Kunjungan Pasien di Klinik Tumbuh Kembang RSJ dr. Soerojo
Magelang tahun 2016 menunjukkan presentase kasus speech delay sebesar
15,79%, penyimpangan motorik kasar dan halus sebesar 4,72%, Attention Deficit
Hiperactivity Disorder sebesar 9,89%, Autisme sebesar 6,07%, Cerebral Palsy
sebesar 9,41%. Keterlambatan perkembangan awal dapat mempengaruhi
kehidupan anak di masa depan, sehingga diperlukan APEK berupa flashcard dan
flipchart dalam perkembangan bahasa anak. Tujuan dari penelitian ini yaitu
mengetahui efektifitas aplikasi media gambar flashcard dan flipchart dalam
perkembangan bahasa anak usia 3-4 tahun.
Metode penelitian ini kuasi eksperimen dengan menggunakan rancangan
pre test post test with control group. Populasi dalam penelitian ini sejumlah 135
anak, usia 3-4 tahun di 8 kelompok bermain Magelang utara. Sampel penelitian
ini sejumlah 102 anak yang memenuhi kriteria inklusi. Teknik sampling dalam
penelitian ini menggunakan purposive sampling dan proportionate random
sampling. Intervensi dilakukan selama 4 kali pertemuan selama 40 menit. Uji
statistik dalam penelitian ini yaitu uji wilcoxon.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh aplikasi media
gambar flashcard dan flipchart dalam perkembangan bahasa anak usia 3-4 tahun,
dengan p value pada masing-masing media adalah 0,000 dan nilai Z =-6,218a pada
media flashcard dan nilai Z=-5,665b pada media flipchart. Penggunaan media
dapat membantu penyampaian informasi sehingga mempermudah penerimaan
pesan dalam hal berkomunikasi lisan, pemahaman huruf vokal dan angka 1-10
Stimulasi dini sangat penting sehingga diharapkan orang tua dan guru
untuk sering melakukan stimulasi setiap saat. Diperlukan pengenalan huruf vokal
maupun konsonan, agar perkembangan bahasa lebih optimal.
Kata kunci : perkembangan bahasa, media gambar flashcard, flipchart
1: peneliti
2: pembimbing I
3: pembimbing II


Informasi Detail

Pernyataan Tanggungjawab
Siti Rofi’ah S.ST.,M.Kes
Pengarang
ANISA SETYOWATI - Pengarang Utama
NIM
P1337424514048
Bahasa
Indonesia
Deskripsi Fisik
129 hal + 19 tabel +2 bagan + 13 lampiran
Dilihat sebanyak
350
Penerbit : .,
Edisi
Subjek
Klasifikasi
081

Lampiran Berkas

Citation
ANISA SETYOWATI. (2018).EFEKTIFITAS APLIKASI MEDIA GAMBAR FLASHCARD DAN FLIPCHART DALAM PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA 3-4 TAHUN().:

ANISA SETYOWATI.EFEKTIFITAS APLIKASI MEDIA GAMBAR FLASHCARD DAN FLIPCHART DALAM PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA 3-4 TAHUN().:,2018.Skripsi D IV

ANISA SETYOWATI.EFEKTIFITAS APLIKASI MEDIA GAMBAR FLASHCARD DAN FLIPCHART DALAM PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA 3-4 TAHUN().:,2018.Skripsi D IV

ANISA SETYOWATI.EFEKTIFITAS APLIKASI MEDIA GAMBAR FLASHCARD DAN FLIPCHART DALAM PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA 3-4 TAHUN().:,2018.Skripsi D IV



Dirujuk oleh 0 dokumen