Repository Polkesmar sedang dalam proses peningkatan sistem 🚀. Mohon maaf atas ketidaknyamanannya. 🙏 | The Polkesmar Repository is in the process of upgrading the system 🚀. Sorry for the inconvenience. 🙏
logo
Repository
Poltekkes Semarang

Kadar Bilirubin Total dan Serum Glutamic Pyrufic Transaminase (sgpt) Pasien Tuberkulosis Paru Usia Produktif dengan Terapi Obat Anti Tuberkulosis (oat) di Puskesmas Tlogosari Kulon

By.  Marco Naek Artanto  •  2024
Read
No image available for this title

About this edition

NIM:
P1337434121037
Page count:
111
Published:
2024
Format:
Tugas Akhir DIII
Publisher:
DIII Analis Kesehatan Semarang
Language:

Penyakit tuberkulosis paru disebabkan oleh Mycobacterium tuberculosis yang menyebar melalui udara dimana Indonesia sendiri menempati peringkat ketiga dalam jumlah temuan kasus TBC tertinggi di dunia menurut Global Tuberculosis Report 2022. Gangguan fungsi hati merupakan salah satu efek samping konsumsi OAT yang sering dikeluhkan oleh pasien TBC dimana dapat terdeteksi melalui peningkatan kadar bilirubin total dan SGPT. Rentang usia produktif memiliki risiko tertinggi terinfeksi TBC paru.

 

Penelitian ini merupakan penelitian observasional deskriptif dengan pendekatan cross-sectional pada pasien TBC paru usia produktif yang menjalani terapi OAT di Puskesmas Tlogosari Kulon.

 

Hasil penelitian diperoleh dari total 35 pasien (100%) dengan 20 dari 35 (57,14%) pasien fase intensif dan 15 dari 35 (42,86%) fase lanjutan. Pada parameter bilirubin total menunjukkan nilai yang normal dari total 35 pasien (100%). Pada fase intensif 20 pasien (100%) menunjukkan kadar bilirubin total yang normal. Pada fase lanjutan 15 pasien (100%) menunjukkan kadar bilirubin total yang normal. Pada parameter SGPT sebanyak 20 dari 35 pasien (57,14%) menunjukkan kadar SGPT tinggi dan 15 dari 35 (42,86%) kadar SGPT normal. Pada fase intensif sebanyak 9 dari 20 pasien (45%) menunjukkan kadar SGPT tinggi dan 11 dari 20 pasien (55%) menunjukkan kadar SGPT normal. Pada fase lanjutan menunjukkan 6 dari 15 pasien (40%) menunjukkan kadar SGPT tinggi dan 9 dari 15 pasien (60%) menunjukkan kadar SGPT normal.

 

Kesimpulan dari hasil penelitian ini menunjukkan seluruh pasien TBC paru usia produktif memiliki kadar bilirubin total yang normal. Kadar SGPT tinggi pada fase intensif sebesar 45% dan pada fase lanjutan sebesar 40%.

Source: Abstract

Graph of Concepts

Similar collection

Similar collection not available

About the work

Approval date: June 13, 2024

Author

Marco Naek Artanto
Pengarang Utama
Profile

Personal Name

Search Marco Naek Artanto
Fitriani Kahar
First Advisor
Profile

Personal Name

Search Fitriani Kahar
Fitriani Kahar
First Examiner
Profile

Personal Name

Search Fitriani Kahar
Fitriani Kahar
Second Examiner
Profile

Personal Name

Search Fitriani Kahar
Mochamad Rizal Maulana
Chief Examiner
Profile

Personal Name

Search Mochamad Rizal Maulana