Repository Polkesmar sedang dalam proses peningkatan sistem 🚀. Mohon maaf atas ketidaknyamanannya. 🙏 | The Polkesmar Repository is in the process of upgrading the system 🚀. Sorry for the inconvenience. 🙏
logo
Repository
Poltekkes Semarang

Identifikasi Metanil Yellow pada Tahu Kuning yang Dijual di Pasar Mranggen Kabupaten Demak

By.  Ubaydillah Syafiq Fahlevi  •  2024
Read
No image available for this title

About this edition

NIM:
P1337434121009
Page count:
43
Published:
2024
Format:
Tugas Akhir DIII
Publisher:
DIII Analis Kesehatan Semarang
Language:

Tahu kuning merupakan produk pangan yang populer dan banyak dikonsumsi masyarakat. Penggunaan zat pewarna Metanil Yellow pada produk pangan, khususnya pada tahu kuning, umumnya dilakukan untuk memperkecil biaya produksi dan meningkatkan margin keuntungan. Namun, penggunaanya dilarang dalam produk pangan karena berpotensi menimbulkan bahaya kesehatan. Tujuan dari penelitian ini mengukur kandungan Metanil Yellow pada tahu kuning dan mengidentifikasi asal tahu kuning yang diperjualbelikan di pasar Mranggen, serta mendeskripsikan sikap dan pengetahuan pedagang terkait penggunan pewarna yang dilarang.

Penelitian ini merupakan jenis penelitian observasional deskriptif dengan desain cross sectional yang melibatkan 16 pedagang tahu kuning di Pasar Mranggen. Variabel dependen yaitu penggunaan zat warna Metanil Yellow pada tahu kuning yang akan dideteksi dengan menggunakan metode Spot Test. Untuk variabel independent yaitu sumber tahu kuning serta sikap dan pengetahuan dengan alat ukur yang digunakan adalah wawancara dan kuesioner.

Hasil penelitian menunjukan seluruh pedagang tidak menggunakan pewarna Metanil Yellow pada tahu kuning yang diperjualbelikan. Sebagian besar tahu yang dijual (93,7%) berasal dari produsen. Pengetahuan pedagang terkait keamanan pangan sebagian baik (81,2%) dan sikap sebagian besar mendukung (87,5%) .Seluruh pedagang tidak menggunakan pewarna Metanil Yellow pada tahu kuning yang diperjualbelikan.

Source: Abstract

Graph of Concepts

Similar collection

Similar collection not available

About the work

Approval date: June 13, 2024

Author

Ubaydillah Syafiq Fahlevi
Pengarang Utama
Profile

Personal Name

Search Ubaydillah Syafiq Fahlevi
Devi Etivia Purlinda
First Advisor
Profile

Personal Name

Search Devi Etivia Purlinda
Devi Etivia Purlinda
First Examiner
Profile

Personal Name

Search Devi Etivia Purlinda
Devi Etivia Purlinda
Second Examiner
Profile

Personal Name

Search Devi Etivia Purlinda
Arintina Rahayuni
Chief Examiner
Profile

Personal Name

Search Arintina Rahayuni