Repository Polkesmar sedang dalam proses peningkatan sistem 🚀. Mohon maaf atas ketidaknyamanannya. 🙏 | The Polkesmar Repository is in the process of upgrading the system 🚀. Sorry for the inconvenience. 🙏
logo
Repository
Poltekkes Semarang

Gambaran Kadar Hemoglobin pada Packed Red Cell yang Dipisahkan secara Sedimentasi dan Sentrifugasi dengan Masa Simpan 7 Hari

By.  Rahayu Fuji Lestari  •  2024
Read
No image available for this title

About this edition

NIM:
P1337434221019
Page count:
38
Published:
2024
Format:
Tugas Akhir DIII
Publisher:
DIII Analis Kesehatan Semarang
Language:

Packed Red Cell (PRC) merupakan komponen darah yang paling banyak diperlukan dalam transfusi darah sehingga harus selalu terjaga kualitasnya. Kualitas PRC dapat dijaga dengan melakukan quality control (QC) yang salah satu parameternya adalah pemeriksaan kadar hemoglobin. PRC dapat dipisahkan dengan metode sedimentasi dan metode sentrifugasi. Menurut Permenkes No. 91 Tahun 2015, komponen PRC seharusnya dipisahkan menggunakan sentrifugasi. Namun, mayoritas Unit Donor Darah (UDD) lebih memilih menggunakan metode sedimentasi dibandingkan dengan sentrifugasi. Selain itu, waktu penyimpanan dapat berpengaruh pada kadar hemoglobin PRC. Maka dari itu, perlu dilakukan penelitian terhadap kadar hemoglobin pada PRC yang menggunakan metode sedimentasi dan metode sentrifugasi dengan masa simpan 7 hari.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran kadar hemoglobin pada komponen PRC yang dipisahkan secara sedimentasi dan sentrifugasi dengan masa simpan 7 hari. Metode: Jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan pengulangan sampel menggunakan rumus Gomez and Gomez. Teknik sampel berasal dari 1 sampel yang mendapatkan 2 treatmen dengan pengulangan pemeriksaan sebanyak 7 kali sehingga jumlah sampel yang diperiksa sebanyak 14 sampel.

Hasil penelitian ini menggambarkan kadar hemoglobin pada PRC yang dipisahkan dengan metode sedimentasi masa simpan 7 hari mengalami penurunan dan metode sentrifugasi masa simpan 7 hari mengalami peningkatan dibandingkan dengan kadar hemoglobin saat seleksi donor.

Source: Abstract

Graph of Concepts

Similar collection

Similar collection not available

About the work

Author

Rahayu Fuji Lestari
Pengarang Utama
Profile

Personal Name

Search Rahayu Fuji Lestari
Umi Rosidah
First Advisor
Profile

Personal Name

Search Umi Rosidah
Umi Rosidah
First Examiner
Profile

Personal Name

Search Umi Rosidah
A
Second Examiner
Profile

Personal Name

Search A
Rodhi Hartono
Chief Examiner
Profile

Personal Name

Search Rodhi Hartono