Repository Polkesmar sedang dalam proses peningkatan sistem 🚀. Mohon maaf atas ketidaknyamanannya. 🙏 | The Polkesmar Repository is in the process of upgrading the system 🚀. Sorry for the inconvenience. 🙏
logo
Repository
Poltekkes Semarang

Identifikasi Bakteri Coliform dengan Metode Mpn (most Probable Number) pada Jamu Kunyit Asam yang Dijual di Pasar Wilayah Pedurungan

By.  Zaradhika Isna Meyridha  •  2024
Read
No image available for this title

About this edition

NIM:
P1337434121014
Page count:
73
Published:
2024
Format:
Tugas Akhir DIII
Publisher:
DIII Analis Kesehatan Semarang
Language:

Jamu adalah obat tradisional di Indonesia yang harus sesuai dengan kriteria dan persyaratan mutu. Namun, kebersihan dan kesehatan di pasar wilayah Pedurungan tidak dijaga dengan baik sehingga menyebabkan potensi pencemaran mikroba pada jamu. Bakteri Coliform adalah parameter mikrobiologi untuk memantau kualitas air. Bakteri tersebut dapat mencemari jamu kunyit asam, meskipun kunyit asam memiliki khasiat antimikroba.

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui cemaran bakteri Coliform pada jamu kunyit asam yang dijual di pasar wilayah Pedurungan. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan cross sectional.

Hasil uji MPN (Most Probable Number) pada jamu kunyit asam yaitu sampel yang tercemar bakteri Coliform fecal sebanyak 20,8% (2 – 7 MPN/100 ml) dan sampel yang tercemar bakteri Coliform non fecal sebanyak 29,2% (2 – 16 MPN/100 ml). Berdasarkan hasil tersebut, sampel yang memenuhi syarat sebanyak 87,5% dan sampel yang tidak memenuhi syarat sebanyak 12,5%. Perbedaan hasil disebabkan oleh tingkat higiene penjual, sebanyak 25% penjual menjaga higiene dengan baik dan 75% penjual menjaga higiene dengan cukup baik.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah jamu kunyit asam yang dijual di pasar wilayah Pedurungan memiliki cemaran bakteri Coliform fecal maupun bakteri Coliform non fecal. Berdasarkan SNI 7388:2009 tentang Batas Maksimum Cemaran Mikroba dalam Pangan sebanyak 87,5% sampel memenuhi syarat dan 12,5% sampel tidak memenuhi syarat.

Source: Abstract

Graph of Concepts

Similar collection

Similar collection not available

About the work

Approval date: June 05, 2024

Author

Zaradhika Isna Meyridha
Pengarang Utama
Profile

Personal Name

Search Zaradhika Isna Meyridha
Widodo
First Advisor
Profile

Personal Name

Search Widodo
Teguh Budiharjo
First Examiner
Profile

Personal Name

Search Teguh Budiharjo
Widodo
Second Examiner
Profile

Personal Name

Search Widodo
Ichsan Hadipranoto
Chief Examiner
Profile

Personal Name

Search Ichsan Hadipranoto