Repository Polkesmar sedang dalam proses peningkatan sistem 🚀. Mohon maaf atas ketidaknyamanannya. 🙏 | The Polkesmar Repository is in the process of upgrading the system 🚀. Sorry for the inconvenience. 🙏
logo
Repository
Poltekkes Semarang

Kadar Hemoglobin pada Pasien Tuberkulosis Sebelum dan Sesudah Masa Pengobatan

By.  Elvano Rosan Nandhita  •  2024
Read
No image available for this title

About this edition

NIM:
P1337434121026
Page count:
42
Published:
2024
Format:
Tugas Akhir DIII
Publisher:
DIII Analis Kesehatan Semarang
Language:

Tuberkulosis (TB) yaitu penyakit dari bakteri Mycobacterium tuberculosis (M. tuberculosis) yang termasuk ke dalam penyakit yang menular. Strategi utama dalam mengendalikan kasus TB dengan cara pemberian Obat Anti Tuberkulosis. Pemberian Obat Anti Tuberkulosis pada fase intensif dengan pemberian obat seperti Isoniazid, Rifampisin, Pirazinamid, Streptomisin, dan Etambutol. Pemberian Isoniazid dan Rifampisin memberikan suatu reaksi hematologi salah satunya adalah anemia. Anemia terjadi karena penurunan kadar Hemoglobin pada tubuh. Fasilitas pelayanan kesehatan yang menjadi tempat pelayanan pasien Tuberkulosis adalah Puskesmas Kedungmundu dan Puskesmas Tlogosari Wetan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kadar hemoglobin pada pasien tuberkulosis sebelum dan sesudah masa pengobatan.


Penelitian deskriptif kuantitatif ini menggunakan pendekatan cross-sectional.


Hasil penelitian ini diperoleh kadar hemoglobin dari ke 20 sampel mayoritas terdapat perbedaan sebelum dan sesudah pengobatan OAT. Kadar Hemoglobin sebelum pengobatan dengan hasil dibawah nilai normal sebesar 55% serta kadar Hemoglobin normal sebesar 45%. Kadar Hemoglobin sesudah pengobatan OAT fase intensif 1 bulan dengan hasil dibawah nilai normal sebesar 45% serta kadar Hemoglobin normal sebesar 55%.


Kesimpulan dari hasil penelitian ini yaitu kadar hemoglobin dari ke 20 sampel mayoritas terdapat perbedaan sebelum dan sesudah pengobatan OAT.

Source: Abstract

Graph of Concepts

Similar collection

Similar collection not available

About the work

Approval date: June 04, 2024

Author

Elvano Rosan Nandhita
Pengarang Utama
Profile

Personal Name

Search Elvano Rosan Nandhita
Ririh Jatmi Wikandari
First Advisor
Profile

Personal Name

Search Ririh Jatmi Wikandari
Ririh Jatmi Wikandari
First Examiner
Profile

Personal Name

Search Ririh Jatmi Wikandari
Ririh Jatmi Wikandari
Second Examiner
Profile

Personal Name

Search Ririh Jatmi Wikandari
Lilik Setyowatiningsih
Chief Examiner
Profile

Personal Name

Search Lilik Setyowatiningsih