Repository Polkesmar sedang dalam proses peningkatan sistem 🚀. Mohon maaf atas ketidaknyamanannya. 🙏 | The Polkesmar Repository is in the process of upgrading the system 🚀. Sorry for the inconvenience. 🙏
logo
Repository
Poltekkes Semarang

Deskripsi Skrining Tuberkulosis pada Anak Penderita Tuberkulosis di Puskesmas Bangetayu

By.  Wildan Amirul Baldi  •  2024
Read
No image available for this title

About this edition

NIM:
P1337434121043
Page count:
40
Published:
2024
Format:
Tugas Akhir DIII
Publisher:
DIII Analis Kesehatan Semarang
Language:

Tuberkulosis adalah penyakit menular yang menjadi salah satu penyebab utama kematian di dunia. Kasus tuberkulosis berkaitan dengan status gizi dan sistem imun yang rendah terutama pada anak. Faktor penyebab tersebut sehingga diperlukan pengendalian tuberkulosis pada anak. Pemeriksaan metode Immunochromatography Tuberculosis (ICT-TB) merupakan salah satu alternatif deteksi dini adanya kasus baru terhadap penderita tuberkulosis anak. Pemeriksaan ini dapat memberikan hasil yang cepat, relatif murah, prosedur pemeriksaan yang sederhana dan membantu sebagai alternatif pada anak yang kesulitan mendapatkan sampel sputum.

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan skrining tuberkulosis pada anak penderita tuberkulosis dengan metode Immunochromatography Tuberculosis. Metode penelitian ini merupakan penelitian observasional deskriptif.

Hasil pemeriksaan tuberkulosis paru metode Immunochromatography Tuberculosis dengan mengambil sampel darah kapiler anak menggunakan autoclick didapatkan bahwa seluruh sampel penelitian dinyatakan negatif penyakit tuberkulosis paru, yaitu sebanyak 24 sampel (100%). Karakteristik penelitian berdasarkan jenis kelamin didapatkan laki-laki 11 anak (46%) dan perempuan 13 anak (54%). Berdasarkan usia balita 4 anak (16%), anak-anak 10 anak (42%), dan remaja 10 anak (42%). Berdasarkan status gizi didapatkan status gizi kurang 5 anak (62%) dan status gizi normal 9 anak (38%).

Kesimpulan dari hasil penelitian ini yaitu pemeriksaan tuberkulosis paru menunjukkan bahwa seluruh sampel penelitian dinyatakan negatif penyakit tuberkulosis paru yang dilakukan menggunakan metode Immunochromatography Tuberculosis.

Source: Abstract

Graph of Concepts

Similar collection

Similar collection not available

About the work

Approval date: June 04, 2024

Author

Wildan Amirul Baldi
Pengarang Utama
Profile

Personal Name

Search Wildan Amirul Baldi
Djoko Priyatno
First Advisor
Profile

Personal Name

Search Djoko Priyatno
Djoko Priyatno
Second Advisor
Profile

Personal Name

Search Djoko Priyatno
Djoko Priyatno
First Examiner
Profile

Personal Name

Search Djoko Priyatno
Djoko Priyatno
Second Examiner
Profile

Personal Name

Search Djoko Priyatno
Surati
Chief Examiner
Profile

Personal Name

Search Surati