Repository Polkesmar sedang dalam proses peningkatan sistem 🚀. Mohon maaf atas ketidaknyamanannya. 🙏 | The Polkesmar Repository is in the process of upgrading the system 🚀. Sorry for the inconvenience. 🙏
logo
Repository
Poltekkes Semarang

Pengelolaan Pola Napas Tidak Efektif pada Anak dengan Tuberkulosis Paru

By.  Fani Anggia Rahmawati  •  2023
Read
No image available for this title

About this edition

NIM:
P1337420220006
Page count:
41
Published:
2023
Format:
Tugas Akhir DIII
Publisher:
DIII Keperawatan Purwokerto
Language:
Indonesia

Latar belakang: Tuberkulosis (TBC) merupakan penyakit infeksi yang bersumber dari bakteri mycobacterium tuberculosis. Tingginya angka deteksi kasus TBC pada anak disebabkan adanya riwayat kontak dengan pasien TBC dewasa Bakteri Tahan Asam (BTA) positif yang tidak terdeteksi dan tidak diobati. Gejalanya berupa sesak napas, batuk, berat badan tidak mengalami penurunan, keringat pada malam hari, dan lesu. Tuberkulosis paru mengakibatkan masalah pola napas tidak efektif yang dapat memperburuk keadaan pasien. Latihan active cycle of breathing adalah salah satu intervensi keperawatan mandiri yang dapat digunakan untuk mengatasi sesak napas.

Tujuan: karya Tulis Ilmiah ini untuk menggambarkan pengelolaan keperawatan pola napas tidak efektif pada anak dengan tuberkulosis paru.

Metode: Metode yang digunakan dalam pengelolaan keperawatan menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Sampling yang digunakan meliputi 2 pasien.

Hasil: Setelah dilakukan tindakan keperawatan selama 3 hari pada pasien TB paru dengan pola napas tidak efektif didapatkan hasil kedua pasien sesak napas menurun mendekati batas normal yaitu 12-16 x/menit. Active cycle of breathing technique efektif untuk mengurangi sesak nafas.

Kesimpulan: Hasil studi kasus untuk asuhan keperawatan pola napas tidak efektif pada pasien TB paru yaitu teratasi sebagian. Latihan active cycle of breathing technique efektif untuk mengurangi sesak napas. 

Source: Abstract

Graph of Concepts

Similar collection

Similar collection not available

Author

Fani Anggia Rahmawati
Pengarang Utama
Profile

Personal Name

Search Fani Anggia Rahmawati
Walin
First Advisor
Profile

Personal Name

Search Walin
Aris Fitriyani
First Examiner
Profile

Personal Name

Search Aris Fitriyani
Walin
Second Examiner
Profile

Personal Name

Search Walin
Wahyudi
Chief Examiner
Profile

Personal Name

Search Wahyudi