Repository Polkesmar sedang dalam proses peningkatan sistem 🚀. Mohon maaf atas ketidaknyamanannya. 🙏 | The Polkesmar Repository is in the process of upgrading the system 🚀. Sorry for the inconvenience. 🙏
logo
Repository
Poltekkes Semarang

Pengelolaan pada Pasien Harga Diri Rendah dengan Terapi Perilaku Kognitif

By.  Maulana Cahya Admaja  •  2023
Read
No image available for this title

About this edition

NIM:
P1337420220099
Page count:
46
Published:
2023
Format:
Tugas Akhir DIII
Publisher:
DIII Keperawatan Purwokerto
Language:
Indonesia

Latar Belakang : Perasaan negatif bahwa individu menderita trauma, kegagalan berulang, dan penolakan sosial membuat seseorang mengalami harga diri rendah. Penyusunan karya tulis ilmiah ini bertujuan untuk menggambarkan pengelolaan kasus pada pasien harga diri rendah dengan terapi perilaku kognitif, yang berfokus pada cara membuang jauh pikiran dan keyakinan negatif untuk diganti dengan pola pikir yang lebih baik.

Metoda : Metode deskriptif dengan penelitian studi kasus yang digunakan dalam melakukan asuhan keperawatan kepada dua pasien yang sesuai kriteria inklusi ini juga difokuskan pada penerapan intervensi serta implementasi keperawatan berdasarkan SIKI dan SLKI. Adapun pengukuran tingkat harga diri pasien menggunakan Rosenberg Self-Esteem Scale (RSES).

Hasil : Setelah dilakukan asuhan keperawatan selama 3x pertemuan pada kedua pasien, didapatkan hasil keduanya mengalami peningkatan pada harga dirinya (pasien I mengingkat harga dirinya dari skor RSES 19 menjadi 22 dan pasien II meningkat harga dirinya dari skor RSES 15 menjadi 19).

Simpulan : Harga diri rendah yang dialami kedua pasien mengalami peningkatan setelah diberikan tindakan keperawatan menggunakan terapi perilaku kognitif.

Source: Abstract

Graph of Concepts

Similar collection

Similar collection not available

About the work

Approval date: January 01, 1970

Author

Maulana Cahya Admaja
Pengarang Utama
Profile

Personal Name

Search Maulana Cahya Admaja
Mukhadiono
First Advisor
Profile

Personal Name

Search Mukhadiono
Dyah Wahyuningsih
First Examiner
Profile

Personal Name

Search Dyah Wahyuningsih
Mukhadiono
Second Examiner
Profile

Personal Name

Search Mukhadiono
Herry Prasetyo
Chief Examiner
Profile

Personal Name

Search Herry Prasetyo