Repository Polkesmar sedang dalam proses peningkatan sistem 🚀. Mohon maaf atas ketidaknyamanannya. 🙏 | The Polkesmar Repository is in the process of upgrading the system 🚀. Sorry for the inconvenience. 🙏
logo
Repository
Poltekkes Semarang

Pengelolaan Defisit Perawatan Diri Eliminasi Urine pada Anak Usia Sekolah yang Mengalami Enuresis

By.  Ahnaf Syariful Hidayat  •  2023
Read
Image of PENGELOLAAN DEFISIT PERAWATAN DIRI ELIMINASI URINE PADA ANAK USIA SEKOLAH YANG MENGALAMI ENURESIS

About this edition

NIM:
P1337420220010
Page count:
50
Published:
2023
Format:
Tugas Akhir DIII
Publisher:
DIII Keperawatan Purwokerto
Language:
Indonesia

Abstrak

Latar belakang: Anak usia sekolah yaitu ketika anak memasuki bangku sekolah dasar pada 6 tahun hingga anak memasuki masa pubertas pada usia 12 tahun. Dalam fase tumbuh kembang anak, ada hal yang harus diperhatikan oleh orang tua, salah satunya masalah kencing, yaitu enuresis. Enuresis adalah pengeluaran urin yang tidak disadari atau disebut mengompol. Enuresis dapat menyebabkan defisit perawatan diri eliminasi, yaitu hambatan kemampuan untuk menyelesaikan tugas yang berkaitan dengan eliminasi fekal dan urin secara mandiri. Salah satu pendekatan dalam mengatasi enuresis yaitu toilet training. Tujuan karya tulis ini adalah mendeskripikan hasil pengelolaan defisit perawatan diri eliminasi urine pada anak usia sekolah yaitu An. A dan An. N yang mengalami enuresis.

Metoda: Metode yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu pendekatan study kasus (casse study) dengan metode deskriptif dan menggambarkan kelolaan kasus dengan dua responden.

Hasil: Setelah dilakukan asuhan keperawatan selama 4 kali kunjungan pada kedua klien didapatkan kedua klien berkurang mengompolnya dari biasanya pada saat dilakukan penelitian.

Kesimpulan: Defisit perawatan diri elimanasi pada kedua klien mengalami perubahan setelah dilakukan pengelolaan asuhan keperawatan.

Source: Abstract

Graph of Concepts

Similar collection

Similar collection not available

About the work

Author

Ahnaf Syariful Hidayat
Pengarang Utama
Profile

Personal Name

Search Ahnaf Syariful Hidayat
Welas Haryati
First Advisor
Profile

Personal Name

Search Welas Haryati
Wahyudi
First Examiner
Profile

Personal Name

Search Wahyudi
Welas Haryati
Second Examiner
Profile

Personal Name

Search Welas Haryati
Walin
Chief Examiner
Profile

Personal Name

Search Walin