Repository Polkesmar sedang dalam proses peningkatan sistem 🚀. Mohon maaf atas ketidaknyamanannya. 🙏 | The Polkesmar Repository is in the process of upgrading the system 🚀. Sorry for the inconvenience. 🙏
logo
Repository
Poltekkes Semarang

Analisis Aspek Ergonomi Rak Filing Berdasarkan antropometri Petugas Filing terhadap Keamanan, kesehatan dan Keselamatan Kerja (k3) Petugas Di puskesmas Bumiayu Kabupaten Brebes

By.  Rafi Hadadi  •  2021
Read
Image of ANALISIS ASPEK ERGONOMI RAK FILING BERDASARKAN
ANTROPOMETRI PETUGAS FILING TERHADAP KEAMANAN,
KESEHATAN DAN KESELAMATAN KERJA (K3) PETUGAS DI
PUSKESMAS BUMIAYU KABUPATEN BREBES

About this edition

NIM:
-
Page count:
127
Published:
2021
Format:
Tugas Akhir DIII
Publisher:
Prodi DIII Rekam Medis dan Informasi Kesehatan Semarang POLTEKKES KEMENKES SEMARANG
Language:
Indonesia
Author:

Ergonomi didefinisikan sebagai studi tentang aspek-aspek manusia dalam lingkungan kerjanya yang ditinjau secara anatomi, fisiologi, engineering, manajemen dan desain peralatan. Aspek ergonomi disesuaikan dengan aspek antropometri atau dimensi tubuh dari manusia. Hal tersebut bertujuan untuk menyelaraskan antara alat dengan antropometri atau dimensi tubuh manusia sehingga mendapatkan keamanan, kesehatan dan keselamatan kerja bagi petugas dalam bekerja. Berdasarkan hasil studi pendahuluan di Puskesmas Bumiayu peneliti menemukan ketidaknyamanan petugas di bagian filing yang diakibatkan oleh rak filing yang tidak ergonomis. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui aspek ergonomi rak filing berdasarkan antropometri petugas filing yang dapat mempengaruhi keamanan, kesehatan dan keselamatan petugas.
Jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Metode yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Adapun subjek penelitian dari penelitian adalah seorang petugas filing dan kepala puskesmas.
Hasil penelitian ini menunjukan ketidak sesuaian antara ergonomi rak filing dan antropometri petugas pada beberapa komponen yaitu panjang rak, tinggi rak dan lebar rak. Faktor K3 di ruang filing juga belum sesuai yaitu suhu ruangan dan kelembapan ruangan. Hal-hal tersebut dapat mempengaruhi kinerja dari petugas filing di Puskesmas Bumiayu.

Source: Abstract

Graph of Concepts

Similar collection

Similar collection not available

About the work

Approval date: July 19, 2021
Subject: Ergonomi / Filing / antropometri / K3

Author

Rafi Hadadi
Pengarang Utama
Profile

Personal Name

Search Rafi Hadadi