Repository Polkesmar sedang dalam proses peningkatan sistem 🚀. Mohon maaf atas ketidaknyamanannya. 🙏 | The Polkesmar Repository is in the process of upgrading the system 🚀. Sorry for the inconvenience. 🙏
logo
Repository
Poltekkes Semarang

Efektivitas Metode Senam dan Film Animasi terhadap Peningkatan Pengetahuan Kesehatan Gigi dan Mulut pada Siswa Madrasah Ibtidaiyah Tahun 2021

By.  Faroh Arina Zulfa  •  2021
Read
Image of EFEKTIVITAS METODE SENAM DAN FILM ANIMASI TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT PADA SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH TAHUN 2021

About this edition

NIM:
-
Page count:
153
Published:
2021
Format:
Skripsi D IV
Publisher:
PROGRAM STUDI TERAPI GIGI PROGRAM SARJANA TERAPAN
Language:
Indonesia

Zulfa, F.A, 2021 “Efektivitas Metode Senam Dan Film Animasi Terhadap Peningkatan Pengetahuan Kesehatan Gigi Dan Mulut Pada Siswa Madrasah Ibtidaiyah Tahun 2021”. Skripsi. Jurusan Kesehatan Gigi Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang. Pembimbing: (I) Prasko, S.Si.T, M.H, (II) dr. Endra Nastiti Donasari.

Salah satu faktor penyebab masalah kesehatan gigi anak adalah kurangnya pengetahuan, sebagai upaya meningkatkan pengetahuan dengan pendidikan kesehatan gigi. Keberhasilan pendidikan dipengaruhi metode yang digunakan. Metode senam dan film animasi menarik untuk anak. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan efektivitas metode senam dan film animasi terhadap peningkatan pengetahuan kesehatan gigi dan mulut pada siswa Madrasah Ibtidaiyah Walisongo Pajomblangan 02.
Jenis penelitian ini kuantitatif dengan metode quasi eksperiment dan menggunakan rancangan pretest dan posttest group design. Sampel penelitian ini siswa kelas III Madrasah Ibtidaiyah Walisongo Pajomblangan 02 berjumlah 27 siswa dengan metode total sampling. Siswa dibagi 2 kelompok, 13 siswa kelompok senam dan 14 siswa kelompok film animasi. Instrumen pengambilan data menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan uji statistik Wilcoxon test dan Mann-Whitney test.
Hasil uji statistik Wilcoxon test menunjukkan terdapat perbedaan pengetahuan sebelum dan sesudah diberi pendidikan kesehatan gigi, nilai p-value metode senam = 0,001 dan p-value metode film animasi = 0,001. Mann-Whitney test menunjukkan terdapat perbedaan signifikan antara metode senam dan metode film animasi dengan p-value = 0,020. Metode senam lebih efektif dengan rata-rata peningkatan = 17,58 dibanding metode film animasi = 10,68.
Metode senam dan film animasi dapat dijadikan inovasi metode dalam promosi kesehatan gigi pada anak.

Kata Kunci : Pengetahuan, pendidikan kesehatan gigi, senam, film animasi, anak.

Source: Abstract

Graph of Concepts

Similar collection

Similar collection not available

About the work

Approval date: August 24, 2021
Subject:

Author

Faroh Arina Zulfa
Pengarang Utama
Profile

Personal Name

Search Faroh Arina Zulfa