Repository Polkesmar sedang dalam proses peningkatan sistem 🚀. Mohon maaf atas ketidaknyamanannya. 🙏 | The Polkesmar Repository is in the process of upgrading the system 🚀. Sorry for the inconvenience. 🙏
logo
Repository
Poltekkes Semarang

Efektivitas Penyuluhan dengan Media Video Menari Dibandingkan Media Video Bermain Peran (role Play) terhadap Pengetahuan dan Sikap tentang Cara Menggosok Gigi pada Anak Usia 8-10 Tahun di Sanggar Greget Semarang

By.  Ade Melia Rositian F. T. A  •  2021
Read
Image of EFEKTIVITAS PENYULUHAN DENGAN MEDIA VIDEO MENARI DIBANDINGKAN MEDIA VIDEO BERMAIN PERAN (ROLE PLAY) TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP TENTANG CARA MENGGOSOK GIGI PADA ANAK USIA 8-10 TAHUN DI SANGGAR GREGET SEMARANG

About this edition

NIM:
-
Page count:
126
Published:
2021
Format:
Skripsi D IV
Publisher:
Prodi DIV Keperawatan Gigi Semarang POLTEKKES KEMENKES SEMARANG
Language:
Indonesia

ABSTRAK

MELIA, A, 2021 “ Efektivitas Penyuluhan Dengan Media Video Menari
Dibandingkan Video Bermain Peran (Role Play) Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Tentang Cara Menggosok Gigi Pada Anak Usia 8-10 Tahun Di Sanggar Greget Semarang 2021”. Skripsi Jurusan Kesehatan Gigi Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang. Pembimbing : (I) Sadimin, S.SiT,M.Kes. (II) drg. Irma Haida Yuliana Siregar,M.HKes

Penyuluhan pada anak sekolah dasar perlu pendekatan untuk menghasilkan pengetahuan, sikap menjaga kesehatan gigi dengan memberikan upaya promotif yaitu penyuluhan menggosok gigi dengan media menari dan bermain peran. Media komunikasi penting untuk menyampaikan pesan kepada sasaran. Tujuan penelitian untuk mengetahui efektivitas penyuluhan menggosok gigi menggunakan media video menari dan media video bermain peran pada anak usia 8-10 tahun di Sanggar Greget Semarang.
Jenis penelitian yang digunakan adalah quasy eksperiment dengan pre-test dan post-test pada dua kelompok. Sampel berjumlah 24 siswa yang terdiri dari 2 kelompok yaitu menari 12 siswa dan bermain peran 12 siswa. Analisa data menggunakan analisis univariat dan bivariate menggunakan uji Wilcoxon untuk mengetahui perbedaan sebelum dan sesudah penyuluhan dan Mann-Whitney untuk mengetahui efektivitas media video menari dan media video bermain peran.
Hasil penelitian ini menunjukan kedua media dapat meningkatkan pengetahuan dan sikap antara pretest dan posttest, video menari p 0,006 dan video bermain peran p 0,002. Pada uji mann-whitney, pengetahuan p 0,174 dan sikap p 0,751 p>0,05, berarti tidak ada perbedaan efektifitas media video menari dan media video bermain peran terhadap pengetahuan dan sikap. Hal tersebut menunjukan media video menari dan media video bermain peran sama-sama efektif terhadap tingkat pengetahuan dan sikap siswa usia 8-10 tahun Sanggar Greget Semarang.

Kata kunci : Penyuluhan, Menari, Bermain peran

Source: Abstract

Graph of Concepts

Similar collection

Similar collection not available

About the work

Approval date: August 19, 2021

Author

Ade Melia Rositian F. T. A
Pengarang Utama
Profile

Personal Name

Search Ade Melia Rositian F. T. A