Repository Polkesmar sedang dalam proses peningkatan sistem 🚀. Mohon maaf atas ketidaknyamanannya. 🙏 | The Polkesmar Repository is in the process of upgrading the system 🚀. Sorry for the inconvenience. 🙏
logo
Repository
Poltekkes Semarang

Perbedaan Metode Pembelajaran Demonstrasi dan Peta Berpikir terhadap Pengetahuan Kesehatan Gigi dan Mulut Siswa di Sdn Sudirman Kecamatan Ambarawa Kabupaten Semarang

By.  Idza Melinda Paradita  •  2020
Read
Image of PERBEDAAN METODE PEMBELAJARAN DEMONSTRASI DAN PETA BERPIKIR TERHADAP PENGETAHUAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT SISWA DI SDN SUDIRMAN KECAMATAN AMBARAWA KABUPATEN SEMARANG

About this edition

NIM:
-
Page count:
0
Published:
2020
Format:
Skripsi Profesi
Publisher:
Language:
Indonesia

PERBEDAAN METODE PEMBELAJARAN DEMONSTRASI DAN PETA BERPIKIR TERHADAP PENGETAHUAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT SISWA DI SD SUDIRMAN KECAMATAN AMBARAWA KABUPATEN SEMARANG
Idza Melinda Paradita*, Lanny Sunarjo**,Endra Nastiti Donasari** ABSTRAK
Salah satu faktor penyebab timbulnya masalah kesehatan gigi dan mulut pada anak yaitu faktor perilaku hal ini dikarenakan kurangnya pengetahuan mengenai pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut sehingga diperlukannya metode penyuluhan untuk meningkatkan pengetahuan. Metode yang digunakan yakni demonstrasi dan metode pembelajaran menggunakan peta berpikir. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui Perbedaan metode pembelajaran demonstrasi dan peta berpikir terhadap pengetahuan kesehatan gigi dan mulut siswa di SDN sudirman kecamatan ambarawa kabupaten semarang.
Jenis penelitian menggunakan rancangan penelitian quasi experiment dengan desain pretest dan posttest design. Populasi berjumlah 385, sampel dalam penelitian menggunakan Teknik purposive sampling, yaitu pengambilan sampel berdasarkan suatu pertimbangan tertentu. Sampel berjumlah 50 siswa dibagi menjadi 2 kelompok A dan B dengan jumlah masing-masing 25 siswa. Analisa data menggunakan uji wilcoxon untuk mengetahui perbedaan sebelum dan sesudah diberikan penyuluhan dan uji manwhitney untuk mengetahui Perbedaan dari kedua metode pembelajaran tersebut.
Hasil uji Wilcoxon menunjukan pengetahuan kesehatan gigi dan mulut siswa meningkat setelah diberikan penyuluhan menggunakan metode demonstrasi dan peta berpikir. Hasil uji Manwhitney menunjukan nilai signifikan p kedua metode tersebut value sebesar 0,849 > (0,05), yang berarti bahwa metode demonstrasi dan peta berpikir sama-sama efektif dalam meningkatan pengetahuan siswa terhadap kesehatan gigi dan mulut.
Disarankan kepada pihak sekolah agar hasil penelitian ini dapat diaplikasikan kepada siswa sekolah dasar dalam kegiatan penyuluhan kesehatan gigi dan mulut.



Kata kunci : metode demonstrasi, peta berpikir, Siswa SD.
*) Mahasiswa Keperawatan Gigi Politeknik Kemenkes Semarang
**) Dosen Keperawatan Gigi Poltekkes Kemenkes Semarang

Source: Abstract

Graph of Concepts

Similar collection

Similar collection not available

About the work

Approval date: September 14, 2020

Author

Idza Melinda Paradita
Pengarang Utama
Profile

Personal Name

Search Idza Melinda Paradita