Skripsi D IV
LITERATURE REVIEW:PERBEDAAN PENDIDIKAN KESEHATAN DENGAN PERMAINAN ULAR TANGGA DAN CERAMAH TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP SISWI DALAM MENGHADAPI MENARCHE
XMLUsia menarche telah mengalami penurunan. Perkembangan fisik yang lebih cepat daripada perkembangan psikologi membuat anak bingung dan cemas saat menarche. Kurangnya informasi dari keluarga dan sekolah merupakan salah satu penyebabnya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan pendidikan kesehatan dengan permainan ular tangga dan ceramah terhadap pengetahuan dan sikap siswi dalam menghadapi menarche.
Studi ini merupakan literature review dengan desain systematic review berdasarkan protocol PRISMA sebagai pedoman penulisan. Data diperoleh dari Google Scholar, Proquest, Sinta, Onesearch, dan Repository Poltekkes Semarang. Kriteria kelayakannya adalah studi dengan quasy eksperimen, tahun terbit 2016 – 2020 dan intervensi dengan pendidikan kesehatan dengan permainan ular tangga dan ceramah terhadap pengetahuan dan sikap siswi.
Hasil pencarian literatur menghasilkan 670 penelitian dan hanya 11 penelitian yang ditinjau secara sistematis. Sebelas penelitian menunjukkan peningkatan pengetahuan dengan permainan ular tangga. Semua penelitian (4 penelitian) mengenai ceramah menunjukkan hasil yang sama. Delapan dari 9 penelitian menunjukkan peningkatan sikap dengan permainan ular tangga. Terakhir, 1 dari 3 penelitian menunjukkan peningkatan sikap dengan metode ceramah.
Kesimpulannya permainan ular tangga lebih efektif dalam meningkatkan pengetahuan dan sikap dalam menghadapi menarche dibandingkan ceramah. Diharapkan untuk penelitian selanjutnya dapat menggunakan metode eksperimental dan permainan edukatif digunakan sebagai variasi pembelajaran.
Informasi Detail
Pernyataan Tanggungjawab |
Ida Ariyanti, S.SiT, M.Kes dan Sri Wahyuni S, S.Kp,Ns,M.Kes
|
---|---|
Pengarang |
AYU BINTARI JAYANTI - Pengarang Utama
|
NIM |
P1337424419084
|
Bahasa |
Indonesia
|
Deskripsi Fisik |
xiv + 89 hlm,; Bibl.; Ilus.; 29 cm
|
Dilihat sebanyak |
1750
|
Penerbit | Sarjana Terapan Kebidanan Semarang : Semarang., 2020 |
---|---|
Edisi | |
Subjek | |
Klasifikasi |