Repository Polkesmar sedang dalam proses peningkatan sistem 🚀. Mohon maaf atas ketidaknyamanannya. 🙏 | The Polkesmar Repository is in the process of upgrading the system 🚀. Sorry for the inconvenience. 🙏
logo
Repository
Poltekkes Semarang

Perbandingan Asupan Natrium dengan Tekanan Darah pada Penderita Hipertensi Prolanis dan Bukan Prolanis di Wilayah Tlogosari Wetan

By.  Septiana Erawati  •  2017
Read
No image available for this title

About this edition

NIM:
-
Page count:
0
Published:
2017
Format:
Tugas Akhir DIII
Publisher:
Prodi DIII Gizi Semarang POLTEKKES KEMENKES SEMARANG
Language:
Indonesia

ABSTRAK
Latar Belakang: Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan salah satu masalah kesehatan dunia. Tatalaksana untuk mengatasi hipertensi telah banyak dilakukan, namun masih belum berhasil.
Tujuan Penelitian: membandingkan asupan natrium dengan tekanan darah pada penderita hipertensi PROLANIS dan bukan PROLANIS.
Metode Penelitian: Penelitian ini menggunakan rancangan crossectional Responden penelitian merupakan penderita hipertensi PROLANIS dan penderita hipertensi di wilayah Tlogosari Wetan sebesar masing-masing 25 orang. Analisis yang digunakna adalah analisis deskriptif. Data asupan natrium diperoleh dari metode semi-quantitatif food frequency questionnaire.
Hasil: Asupan natrium lebih dengan tekanan darah tidak terkontrol pada penderita hipertensi PROLANIS (66.6%) dan pada semua penderita bukan PROLANIS. Asupan natrium cukup dengan tekanan darah terkontrol pada penderita PROLANIS (33.4%) lebih banyak dibanding bukan PROLANIS (27.8%).
Kesimpulan: penderita hipertensi dengan asupan natrium cukup yang mengikuti PROLANIS memiliki tekanan darah terkontrol lebih banyak dibanding yang tidak mengikuti PORLANIS.
Kata kunci: Hipertensi, Tekanan Darah, Natrium

Source: Abstract

Graph of Concepts

Similar collection

Similar collection not available

About the work

Approval date: July 13, 2018

Author

Septiana Erawati
Pengarang Utama
Profile

Personal Name

Search Septiana Erawati