Repository Polkesmar sedang dalam proses peningkatan sistem 🚀. Mohon maaf atas ketidaknyamanannya. 🙏 | The Polkesmar Repository is in the process of upgrading the system 🚀. Sorry for the inconvenience. 🙏
logo
Repository
Poltekkes Semarang

Gangguan Psikologis pada Kehamilan Remaja di Wilayah Kerja Puskesmas Tanggungharjo

By.  Eka Febriyanti  •  2024
Read
No image available for this title

About this edition

NIM:
P1337424420014
Page count:
64
Published:
2024
Format:
Skripsi D IV
Publisher:
DIV Kebidanan Semarang
Language:
Indonesia
Author:

Kehamilan remaja mempunyai resiko pada fisik dan psikis, dimana secara psikis belum siap menjalankan peran sebagai seorang ibu, sehingga akan mengalami setres, cemas bahkan depresi selama kehamilan sampai proses persalinan dan risiko terhadap fisiknya organ-organ internal dan eksternal reproduksi belum matang jika terjadi adanya pembuahan.

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran gangguan psikologis pada kehamilan remaja Di Puskesmas Tanggungharjo Kabupaten Grobogan.

Penelitian ini dilakukan di wilayah Puskesmas Tanggungharjo Kabupaten Grobogan. Penelitian ini menggunakan studi kuantitatif. Populasi penelitian adalah seluruh kehamilan remaja usia < 20 tahun di wilayah Puskesmas Tanggungharjo berjumalah 32 responden. Tehnik pengambilan sampel yaitu dengan menggunakan tehnik total sampling.

Hasil penelitian menunjukan bahwa sebagian besar responden mengalami gangguan psikologis dalam kategori Abnormal (SDQ-25) (100%), Cemas dan Depresi (SRQ-29) (39,3%), gangguan PTSD (SRQ-29) (28,6%). Sedangkan responden yang tidak mengalami gangguan psikologis (32,1%).

Hasil penelitian ini diharapkan bahwa pelayanan kesehatan supaya mampu melakukan deteksi dini kesehatan psikologi serta pendampingan pada kehamilan remaja. Hal tersebut supaya dapat memotivasi remaja hamil untuk menjaga kesehatan reproduksi dan mempersiapkan kondisi kejiwaan ibu hamil remaja tetap sehat selama masa kehamilan, persalinan, dan pasca bersalin.

Source: Abstract

Graph of Concepts

Similar collection

Similar collection not available

About the work

Author

Eka Febriyanti
Pengarang Utama
Profile

Personal Name

Search Eka Febriyanti
Dewi Andang Prastika
First Advisor
Profile

Personal Name

Search Dewi Andang Prastika
Rozikhan
Second Advisor
Profile

Personal Name

Search Rozikhan
Dewi Andang Prastika
First Examiner
Profile

Personal Name

Search Dewi Andang Prastika
Rozikhan
Second Examiner
Profile

Personal Name

Search Rozikhan
Rizky Amelia
Chief Examiner
Profile

Personal Name

Search Rizky Amelia