Repository Polkesmar sedang dalam proses peningkatan sistem 🚀. Mohon maaf atas ketidaknyamanannya. 🙏 | The Polkesmar Repository is in the process of upgrading the system 🚀. Sorry for the inconvenience. 🙏
logo
Repository
Poltekkes Semarang

Aplikasi Hasil Penelitian tentang Efektivitas Kombinasi Massage Effleurage dengan Aromaterapi Essential Oil Lavender (lavandula Lamiaceae) terhadap Tingkat Skala Nyeri Punggung Bawah (npb) pada Ibu Hamil Trimester Iii

By.  Wiji Rahayuningtyas  •  2021
Read
No image available for this title

About this edition

NIM:
-
Page count:
77
Published:
2021
Format:
Skripsi Profesi
Publisher:
Prodi Profesi Ners Poltekkes Kemenkes Semarang
Language:
Indonesia

Latar Belakang : Nyeri punggung bawah merupakan salah satu ketidaknyamanan yang dirasakan oleh ibu hamil trimester III. Apabila nyeri ini tidak ditangani dapat menurunkan kualitas hidup ibu hamil. Pada beberapa penelitian, massage effleurage memang mampu menurunkan nyeri punggung bawah pada ibu hamil. Namun pada penelitian kali ini peneliti ingin mengkombinasikan massage effleurage dengan aromaterapi essential oil lavender untuk menurunkan nyeri punggung bawah pada ibu hamil trimester III.

Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas kombinasi massage effleurage dengan aromaterapi essential oil lavender terhadap tingkat skala nyeri punggung bawah pada ibu hamil trimester III.

Metode : aplikasi terapi kombinasi massage effleurage dengan aromaterapi essential oil lavender dilakukan pada 2 orang ibu hamil trimester III yang mengalami nyeri punggung bawah sebanyak 4x setiap sesi 15-20 menit. Dilakukan pengukuran skala nyeri punggung bawah pada ibu hamil sebelum dan sesudah implementasi dengan menggunakan lembar pengukuran nyeri (NRS).

Hasil : Aplikasi penerapan kombinasi massage effleurage dengan aromaterapi essential oil lavender dilakukan pada 2 orang ibu hamil trimester III didapatkan hasil penurunan rata-rata skala nyeri pada Ny. A sebanyak 2.5 dan penurunan rata-rata skala nyeri pada Ny. L sebanyak 3.

Kesimpulan : Kombinasi massage effleurage dengan aromaterapi essential oil lavender efektif dalam menurunkan tingkat skala nyeri punggung bawah pada ibu hamil trimester III.

Source: Abstract

Graph of Concepts

Similar collection

Similar collection not available

Author

Wiji Rahayuningtyas
Pengarang Utama
Profile

Personal Name

Search Wiji Rahayuningtyas