Repository Polkesmar sedang dalam proses peningkatan sistem 🚀. Mohon maaf atas ketidaknyamanannya. 🙏 | The Polkesmar Repository is in the process of upgrading the system 🚀. Sorry for the inconvenience. 🙏
logo
Repository
Poltekkes Semarang

Hubungan Kegiatan Pendidikan Kesehatan Uks dengan Pengetahuan dan Sikap Remaja mengenai Kesehatan Reproduksi (studi dari Persepsi Siswa di Sma N 9 Semarang)

By.  Nida Khonsaa Nabiilah  •  2020
Read
Image of HUBUNGAN KEGIATAN PENDIDIKAN KESEHATAN UKS DENGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP REMAJA MENGENAI KESEHATAN REPRODUKSI                                         (Studi dari persepsi siswa di SMA N 9 Semarang)

About this edition

NIM:
-
Page count:
169
Published:
2020
Format:
Skripsi D IV
Publisher:
Prodi DIV Kebidanan Semarang POLTEKKES KEMENKES SEMARANG
Language:
Indonesia

Masalah kesehatan reproduksi dikalangan remaja masih menjadi perhatian. Sehingga salah satu upaya melalui kegiatan UKS yaitu pendidikan kesehatan untuk meningkatkan pengetahuan remaja dan membentuk sikap remaja agar menjadi lebih baik mengenai kesehatan reproduksi. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan kegiatan pendidikan uks dengan pengetahuan dan sikap remaja mengenai kesehatan reproduksi yang dilihat dari persepsi siswa SMA N 9 Semarang.
Jenis penelitian ini yaitu studi korelasi, metode penelitian analitik observasional dengan pendekatan cross sectional. Sampel diambil 85 siswa SMA kelas x dari 393 siswa dengan teknik consecutive sampling. Pengambilan data dilakukan dengan menyebar kuesioner melalui google form. Uji validitas menggunakan expert judgment serta Analisis data menggunakan univariat dan bivariat dan menggunakan uji chi square.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 52,9% siswa mempersepsikan kegiatan pendidikan kesehatan baik, 82,4%, siswa yang memiliki pengetahuan baik, 78,8%. siswa yang memiliki sikap baik. Dapat disimpulkan bahwa ada hubungan kegiatan pendidikan kesehatan UKS dengan Pengetahuan dan Sikap remaja mengenai Kesehatan Reproduksi dengan pvalue kegiatan UKS dengan Pengetahuan 0,015 dan pvalue kegiatan UKS dengan Sikap 0,011 yang masing-masing menggunakan taraf signifikan 5%.
Saran dari penelitian ini bagi sekolah dan Intitusi Kesehatan aktif dalam meningkatkan pelaksanaan pendidikan kesehatan mengenai kesehatan reproduksi, bagi remaja aktif mengikuti kegiatan pendidikan kesehatan UKS, serta bagi peneliti selanjutnya mampu bekerjasama dengan institusi kesehatan untuk meningkatkan kualitas kegiatan UKS bagi siswa sebagai sarana untuk mendapatkan informasi tentang kesehatan termasuk kesehatan reproduksi.

Source: Abstract

Graph of Concepts

Similar collection

Similar collection not available

About the work

Approval date: August 13, 2020

Author

Nida Khonsaa Nabiilah
Pengarang Utama
Profile

Personal Name

Search Nida Khonsaa Nabiilah