Hasil Penelitian Dosen
Hubungan Status Gizi Dengan Perkembangan Motorik Pada Anak Usia 3 - 5 Tahun
XMLABSTRAK
Mimi Ruspita1
, Khobibah2
HUBUNGAN STATUS GIZI DENGAN PERKEMBANGAN MOTORIK
PADA ANAK USIA 3-5 TAHUN
viii + 36 Halaman + 7 Tabel + 1 Gambar + 12 Lampiran
Periode penting dalam proses pertumbuhan dan perkembangan anak terjadi
pada masa balita, sebab pada masa ini anak mengalami perkembangan dalam
kemampuan berbahasa, kreativitas, kesadaran sosial, emosional dan intelegensi.
Peranan orang tua dalam membina tumbuh kembang balita sangat penting karena
kegagalan orang tua dalam mengasuh dan mendidik anak akan berdampak buruk
dikemudian hari. Tujuan penelitian untuk mengetahui gambaran pertumbuhan dan
perkembangan balita yang tidak diasuh orang tuannya.
Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif dengan pendekatan
cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah balita di Desa Simpar
Kecamatan Bandar Kabupaten Batang dengan menggunakan sampel jenuh
berjumlah 38 balita.
Hasil penelitian dapat diketahui bahwa sebagian besar balita yang tidak
diasuh orangtuanya dengan pertumbuhan baik yaitu 63,2%, dan pertumbuhan
tidak baik yaitu 36,8%, sedangkan perkembangan sesuai yaitu 81,6%,
meragukan15,8% dan penyimpangan yaitu 2,6%.
Dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antra status gizi dengan
perkembangan motorik dan perkembagan halus anak. Saran dari penelitian ini
untuk masyarakat khususnya yang mempunyai balita yang Tidak Diasuh Orang
Tuannya untuk selalu membawa balitanya ke posyandu dengan rutin setiap bulan
agar dapat dipantau pertumbuhan dan perkembangannya.
Kata kunci : Status Gizi, Perkembangan Motorik
Pustaka : 17 pustaka (2009-2019)
1) Ketua
2) Anggota
Informasi Detail
Pernyataan Tanggungjawab | |
---|---|
Pengarang |
Mimi Ruspita, S.SiT, M.Kes - Pengarang Utama
Khobibah, S.SiT, M.Kes - Pengarang Tambahan Budi Astyandini, S.SiT, M.Kes - Pengarang Tambahan |
NIM | |
Bahasa |
Indonesia
|
Deskripsi Fisik |
iv + 35 hlm
|
Dilihat sebanyak |
881
|
Penerbit | Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang : Kota Semarang., 2019 |
---|---|
Edisi | |
Subjek | |
Klasifikasi |
NONE
|