Detail Cantuman

No image available for this title

Skripsi D IV

HUBUNGAN PENGGUNAAN GADGET TERHADAP PERKEMBANGAN EMOSI ANAK PRASEKOLAH

XML

ABSTRAK
Pengguna gadget dari segi usia, anak usia dini dan remaja menduduki tempat yang cukup tinggi yaitu 79,9%. , yang menghasilkan data bahwa anak pengguna gadget sebagian besar untuk informasi, hiburan, serta menjalin relasi sosial. Sedangkan pada tahun 2013, Indonesia Hottest Insight telah melakukan survey dan data yang dihasilkan menunjukkan 40% anak Indonesia sudah melek teknologi atau active internet user. Lebih spesifik lagi, menurutnya 63% anak telah memiliki akun facebook untuk meng-up date status, meng-upload foto-foto, dan bermain game online. 9% memiliki akun Twitter, dan 19% anak terlibat secara aktif secara aktif bermain game online melalui gadgetnya. Anak usia 3-5 tahun diberikan batasan durasi bermain gadget sekitar 1 jam perhari, dan 2 jam perhari untuk anak usia 6-18 tahun. Akan tetapi, faktanya di Indonesia masih banyak anak-anak yang menggunakan gadget 4 – 5 kali lebih banyak dari jumlah yang direkomendasikan. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan penggunaan gadget terhadap perkembangan emosi anak prasekolah. Jenis penelitian menggunakan desain analitik dengan pendekatan cross sectional dan cara pengambilan subyek menggunakan teknik total sampling kemudian menggunakan Nonprobability purposive sampling. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan kuisioner. Analisis data univariat menggunakan persentase dan analisis bivariat menggunakan uji chi square. Hasil uji statistik didapatkan p-value = 0,05 < α (0.028) artinya Ho ditolak sehingga dapat disimpulkan bahwa ada hubungan Penggunaan Gadget terhadap Perkembangan Emosi Anak Prasekolah. Analisis hubungan 2 variabel menunjukkan nilai OR 4,0 (95%CI: 1,13-4,18), artinya penggunan gadget pada anak prasekolah (usia 3-6 tahun) yang menggunakan gadget akan beresiko 4 kali mengalami masalah perilaku emosional dibandingkan anak yang penggunaan gadget tergolong normal.


Informasi Detail

Pernyataan Tanggungjawab
Ribkha Itha Idhayanti, S.Pd, M.Kes, Tuti Sukini, S. SiT., M. Kes
Pengarang
Eka Wulandari - Pengarang Utama
NIM
P1337424516051
Bahasa
Indonesia
Deskripsi Fisik
XV + 100
Dilihat sebanyak
1381
Penerbit Prodi DIV Kebidanan Magelang POLTEKKES KEMENKES SEMARANG : Prodi Kebidanan Magelang.,
Edisi
Subjek
Klasifikasi

Lampiran Berkas

Citation
Eka Wulandari. (2019 ⁄ 2020).HUBUNGAN PENGGUNAAN GADGET TERHADAP PERKEMBANGAN EMOSI ANAK PRASEKOLAH().Prodi Kebidanan Magelang:Prodi DIV Kebidanan Magelang POLTEKKES KEMENKES SEMARANG

Eka Wulandari.HUBUNGAN PENGGUNAAN GADGET TERHADAP PERKEMBANGAN EMOSI ANAK PRASEKOLAH().Prodi Kebidanan Magelang:Prodi DIV Kebidanan Magelang POLTEKKES KEMENKES SEMARANG,2019 ⁄ 2020.Skripsi D IV

Eka Wulandari.HUBUNGAN PENGGUNAAN GADGET TERHADAP PERKEMBANGAN EMOSI ANAK PRASEKOLAH().Prodi Kebidanan Magelang:Prodi DIV Kebidanan Magelang POLTEKKES KEMENKES SEMARANG,2019 ⁄ 2020.Skripsi D IV

Eka Wulandari.HUBUNGAN PENGGUNAAN GADGET TERHADAP PERKEMBANGAN EMOSI ANAK PRASEKOLAH().Prodi Kebidanan Magelang:Prodi DIV Kebidanan Magelang POLTEKKES KEMENKES SEMARANG,2019 ⁄ 2020.Skripsi D IV



Dirujuk oleh 0 dokumen