Hasil Penelitian Dosen
Pembentukasn Komunitas Anti Narkoba pada Remaja SMKN 1 Kabupaten Blora (STM)
XMLLatar Belakang : Penyalahgunaan NAPZA atau narkotika, psikotropika, dan bahan adiktif lainnya di Indonesia beberapa tahun terakhir ini menjadi masalah serius dan telah mencapai masalah keadaan yang memperihatinkan sehingga menjadi masalah nasional. Penyalahgunaan NAPZA ini sebagain besar mengenai remaja dimana berdasarkan kelompok umur pada 2015 yakni anak usia sekolah dan remaja di bawah 19 tahun berjumlah 2.186 atau 4,4 persen dari total tersangka. Di Blora, sebuah kota Kabupaten kecil di ujung timur Jawa Tengah, pengguna narkoba juga mengalami peningkatan yaitu 7 kasus dengan 3 tersangka pada tahun 2015 menjadi 17 kasus dengan 33 tersangka pada tahun 2016. Melihat kondisi terebut diatas dan sebagai wujud dari pengamalan Tri Dharma Perguruan Tinggi, Prodi Keperawatan Blora bermaksud mengadakan Program pengabdian kepada masyarakat berupa Penyuluhan Kesehatan Tentang Upaya Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba Pada Remaja SMK I Blora (STM).
Tujuan: Tujuan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah terbentuk komunitas anti Narkoba di lingkungan SMKN 1 Blora ( STM), sehingga menjadi contoh yang positif bagi lingkungan sekitar khususnya kelompok remaja serta menciptakan remaja yang sadar akan dampak negatif dari penyalahgunaan narkoba.
Pelaksanaan Kegiatan: Kegiatan ini dilaksanakan oleh 4 Dosen dan 5 Mahasiswa Prodi Keperawatan Blora serta dilakukan pada bulan September 2018 bertempat di SMKN I Blora. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah ceramah dengan disertai nara sumber dari Kepolisian Polres Blora yang membawahi Badan Narkotika Daerah Blora
Informasi Detail
Pernyataan Tanggungjawab | |
---|---|
Pengarang |
Teguh Wahyudi - Pengarang Utama
Laelatul Yuni Astuti - Pengarang Tambahan Siswoko, S.Kep., Ns., M.H.Kes - Pengarang Tambahan Agus Prasetyo, SKM., M.Kes - Pengarang Tambahan |
NIM | |
Bahasa |
Indonesia
|
Deskripsi Fisik |
p. 9
|
Dilihat sebanyak |
1096
|
Penerbit | Prodi Keperawatan Blora : Blora., 2018 |
---|---|
Edisi | |
Subjek | |
Klasifikasi |
NONE
|