Detail Cantuman

Image of PENGGUNAAN  MEDIA VIDEO TERHADAP PERUBAHAN PENGETAHUAN, SIKAP, DAN PRAKTIK HIGIENE SANITASI PENJAMAH MAKANAN 
(STUDI LITERATUR)

Skripsi D IV

PENGGUNAAN MEDIA VIDEO TERHADAP PERUBAHAN PENGETAHUAN, SIKAP, DAN PRAKTIK HIGIENE SANITASI PENJAMAH MAKANAN (STUDI LITERATUR)

XML

PENGGUNAAN MEDIA VIDEO DALAM INTERVENSI PERUBAHAN PENGETAHUAN, SIKAP, DAN PRAKTIK HIGIENE SANITASI PENJAMAH MAKANAN (STUDI LITERATUR)

ETI KRISTIANIA DIBAWAH BIMBINGAN ARINTINA RAHAYUNI, STP, M.Pd DAN DIAN LUTHFITA PRASETYA M, S.Gz, M.Sc DIUJI OLEH DYAH NUR S, SKM, M.Kes DAN ANA YULIAH R, S.Gz, M.Gizi.

4 Bab, 51 halaman, 19 tabel

ABSTRAK
Latar belakang: Risiko utama kontaminasi makanan dikaitkan dengan praktik penanganan makanan yang tidak benar di Tempat Penyelenggaraan Makanan (TPM). Intervensi pendidikan higiene sanitasi untuk penjamah makanan diperlukan untuk meningkatkan pengetahuan dan kesadaran serta untuk mengubah perilaku. Intervensi pendidikan berbasis video telah ditemukan untuk meningkatkan pengetahuan jangka pendek, namun evaluasi sistematis tentang evaluasi video pada modifikasi perilaku kesehatan khususnya perubahan praktik penjamah makanan masih kurang.
Tujuan: Melakukan kajian penggunaan media video terhadap perubahan pengetahuan, sikap, dan praktik higiene sanitasi penjamah makanan
Metode: Penelitian ini merupakan studi literatur dengan pencarian referensi dari artikel penelitian dibeberapa database dengan kata kunci tertentu, dengan periode referensi 2015-2020. Hasil pencarian diperoleh 8 artikel yang sesuai dengan kriteria inklusi. Penetapan karakteristik dari 8 artikel dilakukan berdasarkan negara, nama jurnal, design studi, besar sampel, karakteristik sampel, hasil topik, dan reference.
Hasil: Hasil Tinjauan Sistematik menunjukkan bahwa media video sebagai sarana edukasi higiene sanitasi menunjukan hasil yang bervariasi. Analisis ini menunjukan penggunaan media video sebagai sarana edukasi higiene sanitasi penjamah makanan berperan dalam peningkatan skor pengetahuan, sikap, dan praktik ke arah yang positif. Dimana dapat meningkatkan skor pengetahuan, sikap, dan praktik hingga mencapai 4,2%-42,4%, 2,0%-26,6%, dan 8,0%-18,8%.
Kesimpulan: Penggunaan media video sebagai sarana edukasi higiene sanitasi penjamah makanan berperan dalam peningkatan skor pengetahuan, sikap, dan praktik ke arah yang positif.

Kata kunci : media video, pengetahuan, sikap, dan praktik higiene sanitasi
Daftar pustaka: (2007-2020)


Informasi Detail

Pernyataan Tanggungjawab
Arintina Rahayuni, STP, M.Pd dan Dian Luthfita Prasetya M, S.Gz, M.Sc
Pengarang
Eti Kristiania - Pengarang Utama
NIM
P1337431216016
Bahasa
Indonesia
Deskripsi Fisik
51
Dilihat sebanyak
1323
Penerbit Prodi DIV Gizi Semarang POLTEKKES KEMENKES SEMARANG : Semarang.,
Edisi
Subjek
Klasifikasi

Lampiran Berkas

Citation
Eti Kristiania. (2020).PENGGUNAAN MEDIA VIDEO TERHADAP PERUBAHAN PENGETAHUAN, SIKAP, DAN PRAKTIK HIGIENE SANITASI PENJAMAH MAKANAN (STUDI LITERATUR)().Semarang:Prodi DIV Gizi Semarang POLTEKKES KEMENKES SEMARANG

Eti Kristiania.PENGGUNAAN MEDIA VIDEO TERHADAP PERUBAHAN PENGETAHUAN, SIKAP, DAN PRAKTIK HIGIENE SANITASI PENJAMAH MAKANAN (STUDI LITERATUR)().Semarang:Prodi DIV Gizi Semarang POLTEKKES KEMENKES SEMARANG,2020.Skripsi D IV

Eti Kristiania.PENGGUNAAN MEDIA VIDEO TERHADAP PERUBAHAN PENGETAHUAN, SIKAP, DAN PRAKTIK HIGIENE SANITASI PENJAMAH MAKANAN (STUDI LITERATUR)().Semarang:Prodi DIV Gizi Semarang POLTEKKES KEMENKES SEMARANG,2020.Skripsi D IV

Eti Kristiania.PENGGUNAAN MEDIA VIDEO TERHADAP PERUBAHAN PENGETAHUAN, SIKAP, DAN PRAKTIK HIGIENE SANITASI PENJAMAH MAKANAN (STUDI LITERATUR)().Semarang:Prodi DIV Gizi Semarang POLTEKKES KEMENKES SEMARANG,2020.Skripsi D IV



Dirujuk oleh 0 dokumen