Detail Cantuman

Image of PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN DENGAN MEDIA VIDEO TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN TENTANG KEKERASAN DALAM PACARAN PADA REMAJA

Skripsi D IV

PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN DENGAN MEDIA VIDEO TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN TENTANG KEKERASAN DALAM PACARAN PADA REMAJA

XML

Latar Belakang:. Kekerasan didefinisikan sebagai pemberian tekanan intensif terhadap orang atau property dengan tujuan merusak, menghukum, atau mengontrol perilaku agresif tersebut dapat menyebabkan seseorang terutama laki-laki melakukan tindak kekerasan terhadap pacar. Penggunaan video sebagai sarana penyuluhan kesehatan kini mulai dikembangkan seiring dengan kemajuan teknologi saat ini. Penyuluhan kesehatan melalui media video memiliki kelebihan dalam hal memberikan visualisasi yang baik sehingga memudahkan proses penyerapan pengetahuan.
Tujuan Penelitian: Untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan dengan media video terhadap tingkat pengetahuan tentang kekerasan dalam pacaran pada remaja.
Metode Penelitian quasi experiment design dengan desain pretest posstest group design. Penelitian ini diawali dengan adanya pretest terhadap sampel, kemudian langkah selanjutnya dilakukan intervensi. Dengan demikian hasil perlakuan dapat diketahui lebih akurat, karena dapat membandingkan dengan keadaan sebelum diberi perlakuan
Hasil Penelitian: penelitian ini menghasilkan nilai signifikansi p-value adalah 0.000 (p < 0.05). Ada pengaruh pendidikan kesehatan tentang kekerasan dalam pacaran dengan media video. Untuk melihat efektivitas pendidikan kesehatan dengan melihat Nilai Z score sebesar -4,750. Berdasarkan hasil Z score tersebut menunjukkan bahwa media video dapat meningkatkan pengetahuan mengenai kekerasan dalam pacaran sebesar 4 kali lipat. Media video lebih efektif terhadap pengetahuan pendidikan kesehatan tentang kekerasan dalam pacaran.
Kesimpulan: Tingkat pengetahuan remaja tentang kekerasan dalam berpacaran sebelum diberikan pendidikan kesehatan melalui media video menunjukan mayoritas responden memiliki pengetahuan kurang mengenai materi pengertian kekerasan, siklus kekerasan dan dampak kekerasan akan tetapi setelah diberikan pendidikan kesehatan dengan media video pengetahuan remaja meningkat.
Saran: Bagi Responden untuk menambah pengetahuan agar tindak kekerasan dalam berpacaran tidak terjadi lagi.


Informasi Detail

Pernyataan Tanggungjawab
Christin Hiyana TD, S.SiT. M.Kes dan Munayarokh, S.Pd.M.Kes
Pengarang
EVA IKMALIA - Pengarang Utama
NIM
P1337424519089
Bahasa
Indonesia
Deskripsi Fisik
XV + 87
Dilihat sebanyak
1376
Penerbit : .,
Edisi
Subjek
Klasifikasi

Lampiran Berkas

Citation
EVA IKMALIA. (2020).PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN DENGAN MEDIA VIDEO TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN TENTANG KEKERASAN DALAM PACARAN PADA REMAJA().:

EVA IKMALIA.PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN DENGAN MEDIA VIDEO TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN TENTANG KEKERASAN DALAM PACARAN PADA REMAJA().:,2020.Skripsi D IV

EVA IKMALIA.PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN DENGAN MEDIA VIDEO TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN TENTANG KEKERASAN DALAM PACARAN PADA REMAJA().:,2020.Skripsi D IV

EVA IKMALIA.PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN DENGAN MEDIA VIDEO TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN TENTANG KEKERASAN DALAM PACARAN PADA REMAJA().:,2020.Skripsi D IV



Dirujuk oleh 0 dokumen