MUJADI; " /> EFEKTIVITAS PENYULUHAN CARA MENGGOSOK GIGI DENGAN MEDIA VIDEO (MOGIGU) DAN ANIMASI TERHADAP KETERAMPILAN CARA MENGGOSOK GIGI PADA ANAK TUNA GRAHITA MUJADI; " />

Detail Cantuman

Skripsi D IV

EFEKTIVITAS PENYULUHAN CARA MENGGOSOK GIGI DENGAN MEDIA VIDEO (MOGIGU) DAN ANIMASI TERHADAP KETERAMPILAN CARA MENGGOSOK GIGI PADA ANAK TUNA GRAHITA

XML

Mujadi, 2020. “Efektivitas Penyuluhan Cara Menggosok Gigi dengan Media Video (Mogigu) dan Animasi terhadap Keterampilan Cara Menggosok Gigi pada Anak Tuna grahita”. Skripsi. Jurusan Keperawatan Gigi Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang. Pembimbing : (I) Irmanita Wiradona, S.SiT, M.Kes, (II) Triwiyatini, SKM, M.Kes (Epid).

Anak tunagrahita memiliki pemahaman yang kurang dalam menggosok gigi yang benar. Sehingga anak tunagrahita hanya menggosok gigi bagian-bagian tertentu yang dimengerti. Mereka mempunyai karies yang tinggi dikarenakan mereka kesulitan di dalam menjaga kebersihan gigi dan mulutnya, serta rendahnya kemampuan berkonsentrasi dalam menggosok gigi. Salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan menggosok gigi terhadap anak tunagrahita yaitu penyuluhan cara menggosok gigi. Dengan media penyuluhan yang menyenangkan dan menarik diharapkan dapat meningkatkan keterampilan cara menggosok gigi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penyuluhan cara menggosok gigi dengan media video (mogigu) dan animasi terhadap keterampilan cara menggosok gigi pada anak tuna grahita berdasarkan studi kepustakaan/studi literatur.
Jenis penelitian yang digunakan adalah studi literatur. Data pada penelitian ini diperoleh dari jurnal, dan buku-buku ilmu pengetahuan yang sesuai dengan konsep penelitian ini. Analisa yang digunakan dalam studi literatur yaitu melakukan serangkaian kegiatan kepustakaan dengan mengumpulkan data pustaka dari jurnal, mengkaji, menganalisa, serta menyimpulkan dari penelitian sebelumnya.
Hasil studi menunjukan bahwa media video (mogigu) efektif dalam meningkatkan keterampilan siswa tuna grahita terkait menggosok gigi, media tersebut dapat membantu anak dalam memahami langkah-langkah dan cara menggosok gigi yang baik dan benar. Media animasi efektif dalam meningkatkan keterampilan siswa tuna grahita terkait menggosok gigi, memberikan kejelasan dan pemahaman tuna grahita dalam menggosok gigi yang baik dan benar. Media video lebih efektif dalam meningkatkan keterampilan siswa tuna grahita tentang menggosok gigi. Perhatian yang lebih terkait pemeliharaan kesehatan gigi pada tuna grahita agar dapat selalu terjaga kebersihan gigi dan mulutnya dan terhindar dari masalah kesehatan gigi dan mulut.


Detail Information

Pembimbing/Promotor
Irmanita Wiradona S. SiT, M.Kes dan Tri Wiyatini, SKM, M.Kes (Epid)
Pengarang
MUJADI - Personal Name
NIM
p337425219071
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
Dilihat sebanyak
210
Penerbit : .,
Edisi
Subyek
Klasifikasi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...
PENDAHULUAN
BAB I
BAB II
BAB III
BAB IV
DAFTAR PUSTAKA
BAB V
LAMPIRAN
Citation
MUJADI. (2020).EFEKTIVITAS PENYULUHAN CARA MENGGOSOK GIGI DENGAN MEDIA VIDEO (MOGIGU) DAN ANIMASI TERHADAP KETERAMPILAN CARA MENGGOSOK GIGI PADA ANAK TUNA GRAHITA().:

MUJADI.EFEKTIVITAS PENYULUHAN CARA MENGGOSOK GIGI DENGAN MEDIA VIDEO (MOGIGU) DAN ANIMASI TERHADAP KETERAMPILAN CARA MENGGOSOK GIGI PADA ANAK TUNA GRAHITA().:,2020.Skripsi D IV

MUJADI.EFEKTIVITAS PENYULUHAN CARA MENGGOSOK GIGI DENGAN MEDIA VIDEO (MOGIGU) DAN ANIMASI TERHADAP KETERAMPILAN CARA MENGGOSOK GIGI PADA ANAK TUNA GRAHITA().:,2020.Skripsi D IV

MUJADI.EFEKTIVITAS PENYULUHAN CARA MENGGOSOK GIGI DENGAN MEDIA VIDEO (MOGIGU) DAN ANIMASI TERHADAP KETERAMPILAN CARA MENGGOSOK GIGI PADA ANAK TUNA GRAHITA().:,2020.Skripsi D IV



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail