Skripsi D IV
HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP DENGAN PERILAKU PERSONAL HYGIENE SAAT MENSTRUASI PADA REMAJA PUTRI SMPN 12 SEMARANG
XMLPersonal hygiene saat menstruasi adalah tindakan untuk memelihara kesehatan dan kebersihan pada daerah kewanitaan pada saat menstruasi. Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan peneliti di SMPN 12 Kota Semarang pada November 2019, dari 10 siswi yang diwawancarai 70% diantaranya kurang memahami dalam membersihkan organ kewanitaan pada saat menstruasi, 60% siswi memiliki sikap yang kurang baik dalam praktik membersihkan organ kewanitaan.
Tujuan dalam penelitian ini adalah mengetahui hubungan pengetahuan dan sikap dengan perilaku personal hygiene saat menstruasi pada remaja putri SMPN 12 Semarang.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian analitik dengan menggunakan pendekatan cross sectional. Teknik pengambilan sampel menggunakan Simple Random Sampling. Sampel penelitian 80 responden dengan menggunakan rumus slovin.
Hasil penelitian menunjukan sebagian besar responden memiliki pengetahuan baik dan cukup masing-masing sebanyak 30 responden (37,5%), sedangkan untuk sikap positif sebanyak 53 responden (66,2%) dan untuk perilaku baik sebanyak 47 (58,8%) responden terhadap personal hygiene saat menstruasi. Hasil uji chi-square didapatkan hubungan antara pengetahuan dengan perilaku personal hygiene saat menstruasi dengan P values sebesar 0,000 < 0,05 dan sikap dengan perilaku personal hygiene saat menstruasi dengan P values sebesar 0,000 < 0,05.
Saran untuk remaja perlu mencari informasi tentang perilaku personal hygiene saat menstruasi yang baik dan benar baik kepada tenaga kesehatan maupun media informasi lainnya agar memiliki pengetahuan yang baik terhadap perilaku personal hygiene saat menstruasi.
Informasi Detail
Pernyataan Tanggungjawab |
Desi Syahraini
|
---|---|
Pengarang | |
NIM |
P1337424419063
|
Bahasa |
Indonesia
|
Deskripsi Fisik |
XIV+ 80 hlm.;Bibl.:IIus 29 cm
|
Dilihat sebanyak |
2557
|
Penerbit | Sarjana Terapan Kebidanan Semarang : Polekkes Semarang., 2020 |
---|---|
Edisi | |
Subjek | |
Klasifikasi |