Detail Cantuman

Image of STUDI LITERATUR: EFEKTIVITAS PENDIDIKAN KESEHATAN METODE PEER GROUP TERHADAP PERILAKU PERSONAL HYGIENE PADA REMAJA PUTRI

Skripsi D IV

STUDI LITERATUR: EFEKTIVITAS PENDIDIKAN KESEHATAN METODE PEER GROUP TERHADAP PERILAKU PERSONAL HYGIENE PADA REMAJA PUTRI

XML

ABSTRAK
Remaja merupakan segmen yang ditandai dengan mulai berkembangnya organ-organ reproduksi. Pada masa ini, isu kesehatan reproduksi remaja menjadi lebih sensitif, penting, serta kompleks. Remaja yang mengabaikan isu tersebut beresiko tinggi mengalami berbagai masalah pada sistem reproduksinya, salah satunya Infeksi Saluran Reproduksi (ISR). Berdasarkan kajian observasi Adhitama (2010), ada beberapa kota di Indonesia yang memiliki kasus ISR tinggi, yaitu di Surabaya yang menyumbangkan kasus bakterial vaginosis 37.7%, sifilis 29.8%, dan gonoroe 22.8%. Ada banyak hal yang menyebabkan kasus ISR tinggi, yang paling sering adalah kesalahan dalam melakukan personal hygiene. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi efektivitas pendidikan kesehatan metode peer group terhadap perilaku personal hygiene remaja putri.
Penelitian ini menggunakan metode kajian literatur. Sumber artikel penelitian diperoleh dari database jurnal Pub Med, RAMA, SINTA, Garuda Portal, dan Google Scholar dengan waktu publikasi 2011 sampai 2020. Artikel penelitian dipilih berdasarkan kriteria inklusi dan eksklusi, hingga didapatkan 10 artikel ilmiah berbahasa Indonesia maupun bahasa Inggris. Kata kunci pencarian artikel ilmiah adalah “kelompok sebaya”, “kebersihan diri”, dan “vulva hygiene”.
Hasilnya, terdapat pengaruh dari edukasi metode peer group yang dibuktikan oleh peningkatan pengetahuan, sikap, maupun praktik personal hygiene responden. Selain itu, berdasarkan telaah jurnal penelitian, edukasi pada remaja putri menggunakan metode peer group terbukti lebih efektif dibanding menggunakan metode ceramah.
Disarankan bagi tenaga kesehatan berkenan mengaplikasikan metode tersebut ketika menyampaikan pendidikan kesehatan tentang personal hygiene pada remaja putri, karena sudah terbukti efektif meningkatkan perilaku kebersihan diri remaja.


Informasi Detail

Pernyataan Tanggungjawab
Intan Nugraheni, S.SiT., M.Kes. dan Rizky Amelia, S.ST., M.Kes.
Pengarang
Nanda Devi Arisanti - Pengarang Utama
NIM
P1337424416031
Bahasa
Indonesia
Deskripsi Fisik
XIII + 70 hlm.; 5 tabel + 2 bagan + 2 lampiran
Dilihat sebanyak
806
Penerbit Prodi DIV Kebidanan Semarang POLTEKKES KEMENKES SEMARANG : Semarang.,
Edisi
Subjek
Klasifikasi

Lampiran Berkas

Citation
Nanda Devi Arisanti. (2020).STUDI LITERATUR: EFEKTIVITAS PENDIDIKAN KESEHATAN METODE PEER GROUP TERHADAP PERILAKU PERSONAL HYGIENE PADA REMAJA PUTRI().Semarang:Prodi DIV Kebidanan Semarang POLTEKKES KEMENKES SEMARANG

Nanda Devi Arisanti.STUDI LITERATUR: EFEKTIVITAS PENDIDIKAN KESEHATAN METODE PEER GROUP TERHADAP PERILAKU PERSONAL HYGIENE PADA REMAJA PUTRI().Semarang:Prodi DIV Kebidanan Semarang POLTEKKES KEMENKES SEMARANG,2020.Skripsi D IV

Nanda Devi Arisanti.STUDI LITERATUR: EFEKTIVITAS PENDIDIKAN KESEHATAN METODE PEER GROUP TERHADAP PERILAKU PERSONAL HYGIENE PADA REMAJA PUTRI().Semarang:Prodi DIV Kebidanan Semarang POLTEKKES KEMENKES SEMARANG,2020.Skripsi D IV

Nanda Devi Arisanti.STUDI LITERATUR: EFEKTIVITAS PENDIDIKAN KESEHATAN METODE PEER GROUP TERHADAP PERILAKU PERSONAL HYGIENE PADA REMAJA PUTRI().Semarang:Prodi DIV Kebidanan Semarang POLTEKKES KEMENKES SEMARANG,2020.Skripsi D IV



Dirujuk oleh 0 dokumen