Skripsi D IV
EFEKTIVITAS PENYULUHAN MENGGOSOK GIGI MENGGUNAKAN MEDIA BONEKA KARAKTER DAN VIDEO ANIMASI TERHADAP PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN PADA ANAK SDN 4 GODONG KABUPATEN GROBOGAN
XMLABSTRAK
Pada usia sekolah dasar anak rentan terkena penyakit gigi dan mulut. Salah satu pencegahan yang efektif yaitu melalui tindakan menggosok gigi dengan cara memberikan upaya promotif yaitu penyuluhan menggosok gigi, penyuluhan ini tidak terlepas dari pentingnya sebuah media. Media yang digunakan adalah media boneka karakter dan video animasi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas penyuluhan menggosok gigi menggunakan media boneka karakter dan video animasi pada anak SD N 4 Godong.
Jenis penelitian ini menggunakan metode pre eksperimental dengan rancangan pre dan post experiment design. Sampel penelitian ini kelas IV dan V yang berjumlah 70 siswa, dibagi 2 kelompok yaitu 35 kelompok boneka karakter dan 35 kelompok video animasi. Analisis data dianalisis secara univariat dan bivariat menggunakan uji wilcoxon dan man-whitney.
Hasil penelitian ini menunjukkan kedua media dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan antara pretest dan postest, boneka karakter p 0,000 dan video animasi p 0,000. Pada uji Man-whitney, pengetahuan p 0,857 dan keterampilan p 0,956 p>0,05, berarti tidak ada perbedaan efektivitas media boneka karakter dan video animasi terhadap pengetahuan dan keterampilan. Hasil ini didukung dengan penelitian Nurfalah A dkk (2014) didapatkan nilai p value 0,365 (p>0,05) berarti tidak ada perbedaan efektivitas media boneka dan video.
Informasi Detail
Pernyataan Tanggungjawab |
Sukini, S.ST, MH.Kes dan Sariyem, S.SiT, M.Kes
|
---|---|
Pengarang |
Ulin Lian Driandari Putri - Pengarang Utama
|
NIM |
P1337425216031
|
Bahasa |
Indonesia
|
Deskripsi Fisik |
xi + 44 hlm.; Bibl.; Ilus.; 29 cm.
|
Dilihat sebanyak |
2303
|
Penerbit | Prodi DIV Keperawatan Gigi Semarang POLTEKKES KEMENKES SEMARANG : Polekkes Kemekes Semarang., 2020 |
---|---|
Edisi | |
Subjek | |
Klasifikasi |