Tugas Akhir DIII
TINJAUAN KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN PENDAFTARAN RAWAT JALAN DI RSUD dr. LOEKMONO HADI DI KUDUS
XMLTINJAUAN KEPUASAN PASIEN TERHADAP
PELAYANAN PENDAFTARAN RAWAT JALAN
DI RSUD dr. LOEKMONO HADI DI KUDUS
Sulestari1; Subinarto2
Jurusan Rekam Medis dan Informasi Kesehatan Poltekkes Kemenkes Semarang
Jl. Tirto Agung, Pedalangan, Banyumanik
Pelayanan yang memuaskan dan berkualitas akan membentuk loyalitas pasien/pelanggan, dan kepuasan sangat erat hubungannya dengan ”word of mouth”. Efek selanjutnya pada proses terbentuknya citra rumah sakit. Berdasarkan studi pendahuluan di TPPRJ RSUD dr. Loekmono Hadi Kudus masih terdapat permasalahan mengenai pelayanan di TPPRJ.
Tujuan penelitian yaitu mengetahui kepuasan pasien terhadap pelayanan pendaftaran rawat jalan.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif, dengan metode pendekatan survey observasional. Cara pengumpulan data menggunakan metode observasi dan kuisioner. Teknik sampel yang digunakan adalah accidental sampling diambil sebanyak 100 responden dari pasien rawat jalan pada bulan September dan Oktober 2019. Menggunakan analisis data secara deskriptif.
Berdasarkan hasil penelitian dari keempat aspek kepuasan pasien lebih dari 90% menyatakan puas terhadap pelayanan di TPPRJ.
Kesimpulan penelitian adalah pelayanan di TPPRJ RSUD dr. Loekmono Hadi di Kudus sudah sesuai peraturan dan SPO yang berlaku. Dan untuk lebih meningkatkan pelayanan perlunya pelatihan/pengembangan kompetensi pegawai.
Kata kunci: Kepuasan pasien, TPPRJ, Mutu Pelayanan
Informasi Detail
Pernyataan Tanggungjawab |
Subinarto,S.Kom, M.Kom
|
---|---|
Pengarang |
S U L E S T A R I - Pengarang Utama
|
NIM |
P1337437118118
|
Bahasa |
|
Deskripsi Fisik |
xii+55 hlm.; Bibli.; ilus; 29 cm
|
Dilihat sebanyak |
2570
|
Penerbit | Prodi DIII RMIK Poltekes Kemen Semarang : POLTEKKES KEMENKES SEMARANG., 2020 |
---|---|
Edisi | |
Subjek | |
Klasifikasi |
NONE
|