Skripsi Profesi
EFEKTIVITAS PENDIDIKAN KESEHATAN METODE ROLEPLAY DENGAN DISKUSI KELOMPOK TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN REMAJA TENTANG HIV/AIDS
XMLEFEKTIVITAS PENDIDIKAN KESEHATAN METODE ROLEPLAY DENGAN DISKUSI KELOMPOK TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN REMAJA TENTANG HIV/AIDS
Septiani Sekti Arini
septianisekti48@gmail.com
ABSTRAK
Perkembangan epidemi HIV-AIDS di dunia telah menjadi masalah global termasuk di Indonesia. Menurut data Komisi Penanggulangan AIDS Daerah Kabupaten Temanggung tahun 2016 hingga 2018 terjadi peningkatan kasus HIV/AIDS dari 30 kasus menjadi 52 kasus. Kelompok remaja menjadi kelompok paling rentan terinfeksi HIV. Salah satu bentuk metode pendidikan kesehatan yang dapat digunakan pada remaja adalah metode roleplay dan diskusi kelompok.
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas pendidikan kesehatan antara metode role play dengan metode diskusi kelompok terhadap peningkatan pengetahuan remaja tentang HIV/AIDS.
Penelitian ini dilakukan di SMK HKTI Temanggung dengan menggunakan metode quasi experiment. Desain yang digunakan dalam penelitian ini Pretest-Posttest Without Control Group Design. Sample penelitian adalah siswa kelas X SMK HKTI Temanggung sejumlah 50 siswa, dengan teknik proportionate stratified radom sampling. Instrumen penelitian ini adalah kuesioner dan modul. Analisa data penelitian yaitu analisa univariat dan analisa bivariat menggunakan uji T sample berpasangan dan uji Mann-Whitney untuk uji 2 kelompok.
Hasil penelitian terdapat peningkatan nilai rata-rata pengetahuan HIV/AIDS sebelum pendidikan kesehatan metode roleplay 37,12 menjadi 64,42. Sedangkan pada diskusi kelompok 38,08 menjadi 51,73 sesudah pendidikan kesehatan. Terdapat perbedaan pengetahuan HIV/AIDS sebelum dan sesudah pendidikan kesehatan metode roleplay (p value 0,000 < α 0,05). Sedangkan pada diskusi kelompok, terdapat perbedaan pengetahuan HIV/AIDS sebelum dan sesudah pendidikan kesehatan metode diskusi kelompok (p value 0,000 < α 0,05). Metode roleplay lebih efektif terhadap peningkatan pengetahuan remaja tentang HIV/AIDS (p value 0,000 < α 0,05).
Saran dari hasil penelitian ini remaja dianjurkan menggunakan metode roleplay untuk meningkatkan pengetahuan mengenai HIV/AIDS, kemudian untuk penelitian selanjutnya dapat melakukan penelitian yang sama dengan metode pendidikan kesehatan yang berbeda seperti menggunakan metode pendidikan teman sebaya
Kata Kunci : Tingkat Pengetahuan, HIV/AIDS, Remaja
Informasi Detail
Pernyataan Tanggungjawab |
Siti Chunaeni S.Kep, Ns, STr.Keb, M.Kes
|
---|---|
Pengarang |
SEPTIANI SEKTI ARINI - Pengarang Utama
|
NIM |
P1337424518101
|
Bahasa |
Indonesia
|
Deskripsi Fisik |
xiv, 69 Halaman, 10 tabel, 3 gambar, 3 Lampiran
|
Dilihat sebanyak |
1055
|
Penerbit | Prodi DIV Kebidanan Magelang POLTEKKES KEMENKES SEMARANG : Magelang., 2019 |
---|---|
Edisi |
2019
|
Subjek | |
Klasifikasi |
NONE
|
Lampiran Berkas
Dirujuk oleh 1 dokumen
- (2019) Desi Alvionita