Tugas Akhir DIII
HYGIENE SANITASI PENGELOLAAN DAN ANGKA LEMPENG TOTAL (ALT) PADA MAKANAN DI RESTORAN HOTEL MORO SENENG BATURRADEN KABUPATEN BANYUMAS
XMLLatar belakang: Berdasarkan survei pendahuluan, hygiene sanitasi pengelolaan makanan di restoran hotel ini masih ada yang belum memenuhi syarat, seperti lantai, dinding, dan langit-langit yang kotor, tempat sampah belum bertutup, bak pencucian kurang memadai, tempat penyimpanan peralatan masak belum tertutup, tidak tersedianya pengering pada washtafel, tidak tersedianya cerobong asap, serta personal hygiene penjamah yang belum maksimal. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui kondisi sanitasi alat, bahan makanan, penjamah, sanitasi tempat, 6 prinsip hygiene sanitasi pengelolaan makanan, dan kualitas Angka Lempeng Total pada makanan. Metode: Jenis penelitian yang digunakan yaitu dengan menggunakan metode analisis deskriptif dengan memberikan gambaran tentang kondisi hygiene sanitasi pengelolaan makanan di Restoran Hotel Moro Seneng Baturraden yang kemudian hasilnya dibandingkan dengan standar yang berlaku. Hasil: Kondisi sanitasi peralatan, penjamah makanan, kondisi sanitasi tempat pengolahan dan fasilitas sanitasi makanan mendapatkan hasil tidak memenuhi syarat. Sedangkan, untuk 6 prinsip hygiene sanitasi makanan yang mencakup pemilihan bahan makanan, penyimpanan bahan makanan, pengolahan makanan, pengangkutan makanan, penyimpanan makanan, dan penyajian makanan, serta Angka Lempeng Total (ALT) pada sampel makanan yang sudah diujikan telah memenuhi syarat. Kesimpulan: Hygiene sanitasi pengelolaan makanan di Restoran Hotel Moro Seneng Baturraden sebagian sudah termasuk kriteria memenuhi syarat sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2023 Tentang Peraturan Pelaksanaan Peraturan Pemerintah Nomor 66 Tahun 2014 Tentang Kesehatan Lingkungan. Namun, masih terdapat juga variabel yang belum memenuhi syarat. Saran: Sebaiknya pihak hotel tetap mempertahankan variabel yang sudah termasuk kedalam kategori baik dan melakukan perbaikan dengan segera terhadap variabel yang masih kurang sehingga reputasi hotel dapat meningkat.
Informasi Detail
Pernyataan Tanggungjawab |
NURMALITA PUTRI HAPSARI
|
---|---|
Pengarang |
NURMALITA PUTRI HAPSARI - Pengarang Utama
Asep Tata Gunawan, SKM., M.Kes - First Advisor Nur Utomo, S.K.M., M.Sc - First Examiner Susiyanti, SKM., M.Kes - Second Examiner |
NIM |
p1337433120007
|
Bahasa |
Indonesia
|
Deskripsi Fisik |
xvii + 98p.: ill.; 21 x 33cm.
|
Dilihat sebanyak |
1015
|