Detail Cantuman

Image of HYGIENE SANITASI PENGELOLAAN DAN ANGKA LEMPENG TOTAL (ALT) PADA MAKANAN DI RESTORAN HOTEL MORO SENENG BATURRADEN KABUPATEN BANYUMAS

Tugas Akhir DIII

HYGIENE SANITASI PENGELOLAAN DAN ANGKA LEMPENG TOTAL (ALT) PADA MAKANAN DI RESTORAN HOTEL MORO SENENG BATURRADEN KABUPATEN BANYUMAS

XML

Latar belakang: Berdasarkan survei pendahuluan, hygiene sanitasi pengelolaan makanan di restoran hotel ini masih ada yang belum memenuhi syarat, seperti lantai, dinding, dan langit-langit yang kotor, tempat sampah belum bertutup, bak pencucian kurang memadai, tempat penyimpanan peralatan masak belum tertutup, tidak tersedianya pengering pada washtafel, tidak tersedianya cerobong asap, serta personal hygiene penjamah yang belum maksimal. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui kondisi sanitasi alat, bahan makanan, penjamah, sanitasi tempat, 6 prinsip hygiene sanitasi pengelolaan makanan, dan kualitas Angka Lempeng Total pada makanan. Metode: Jenis penelitian yang digunakan yaitu dengan menggunakan metode analisis deskriptif dengan memberikan gambaran tentang kondisi hygiene sanitasi pengelolaan makanan di Restoran Hotel Moro Seneng Baturraden yang kemudian hasilnya dibandingkan dengan standar yang berlaku. Hasil: Kondisi sanitasi peralatan, penjamah makanan, kondisi sanitasi tempat pengolahan dan fasilitas sanitasi makanan mendapatkan hasil tidak memenuhi syarat. Sedangkan, untuk 6 prinsip hygiene sanitasi makanan yang mencakup pemilihan bahan makanan, penyimpanan bahan makanan, pengolahan makanan, pengangkutan makanan, penyimpanan makanan, dan penyajian makanan, serta Angka Lempeng Total (ALT) pada sampel makanan yang sudah diujikan telah memenuhi syarat. Kesimpulan: Hygiene sanitasi pengelolaan makanan di Restoran Hotel Moro Seneng Baturraden sebagian sudah termasuk kriteria memenuhi syarat sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2023 Tentang Peraturan Pelaksanaan Peraturan Pemerintah Nomor 66 Tahun 2014 Tentang Kesehatan Lingkungan. Namun, masih terdapat juga variabel yang belum memenuhi syarat. Saran: Sebaiknya pihak hotel tetap mempertahankan variabel yang sudah termasuk kedalam kategori baik dan melakukan perbaikan dengan segera terhadap variabel yang masih kurang sehingga reputasi hotel dapat meningkat.


Informasi Detail

Pernyataan Tanggungjawab
NURMALITA PUTRI HAPSARI
Pengarang
NURMALITA PUTRI HAPSARI - Pengarang Utama
Asep Tata Gunawan, SKM., M.Kes - First Advisor
Nur Utomo, S.K.M., M.Sc - First Examiner
Susiyanti, SKM., M.Kes - Second Examiner
NIM
p1337433120007
Bahasa
Indonesia
Deskripsi Fisik
xvii + 98p.: ill.; 21 x 33cm.
Dilihat sebanyak
1015
Penerbit DIII Sanitasi : Purwokerto.,
Edisi
Subjek
Klasifikasi
NONE

Lampiran Berkas

Citation
NURMALITA PUTRI HAPSARI. (2023).HYGIENE SANITASI PENGELOLAAN DAN ANGKA LEMPENG TOTAL (ALT) PADA MAKANAN DI RESTORAN HOTEL MORO SENENG BATURRADEN KABUPATEN BANYUMAS().Purwokerto:DIII Sanitasi

NURMALITA PUTRI HAPSARI.HYGIENE SANITASI PENGELOLAAN DAN ANGKA LEMPENG TOTAL (ALT) PADA MAKANAN DI RESTORAN HOTEL MORO SENENG BATURRADEN KABUPATEN BANYUMAS().Purwokerto:DIII Sanitasi,2023.Tugas Akhir DIII

NURMALITA PUTRI HAPSARI.HYGIENE SANITASI PENGELOLAAN DAN ANGKA LEMPENG TOTAL (ALT) PADA MAKANAN DI RESTORAN HOTEL MORO SENENG BATURRADEN KABUPATEN BANYUMAS().Purwokerto:DIII Sanitasi,2023.Tugas Akhir DIII

NURMALITA PUTRI HAPSARI.HYGIENE SANITASI PENGELOLAAN DAN ANGKA LEMPENG TOTAL (ALT) PADA MAKANAN DI RESTORAN HOTEL MORO SENENG BATURRADEN KABUPATEN BANYUMAS().Purwokerto:DIII Sanitasi,2023.Tugas Akhir DIII



Dirujuk oleh 0 dokumen