Detail Cantuman

Image of Pedoman Akreditasi Jurnal Ilmiah 2018

Ebook

Pedoman Akreditasi Jurnal Ilmiah 2018

XML

Publikasi di jurnal ilmiah saat ini menjadi sangat penting setelah ada persyaratan kenaikan setiap jenjang jabatan untuk fungsional dosen, peneliti, guru, widyaiswara, perekayasa, serta fungsional lainnya.
Selain itu, untuk mempertahankan tunjangan kehormatan jabatan Guru Besar dan Lektor Kepala sesuai dengan Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Permenristekdikti) Nomor 20 Tahun 2017 dipersyaratkan publikasi ilmiah di jurnal terakreditasi. Kelulusan mahasiswa magister dan doktor menurut Standar Nasional Pendidikan Tinggi juga mensyaratkan hal yang sama. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, diperlukan lebih dari 8.000 jurnal ilmiah terakreditasi nasional. Akreditasi jurnal merupakan wujud pengakuan resmi atas penjaminan mutu jurnal ilmiah melalui kegiatan penilaian kewajaran penyaringan naskah, kelayakan pengelolaan, dan ketepatan waktu terbitnya jurnal tersebut.
Untuk memenuhi kebutuhan jurnal ilmiah nasional terakreditasi dan reformasi birokrasi pelayanan akreditasi jurnal ilmiah nasional, Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi menerbitkan Permenristekdikti Nomor 9 Tahun 2018 tentang akreditasi Jurnal
Ilmiah. Peraturan ini mengamanahkan lembaga akreditasi jurnal ilmiah bergabung di bawah Kemenristekdikti. Semua jurnal ilmiah yang terakreditasi oleh LIPI dan masih berlaku masa akreditasinya secara otomatis diakui oleh Kemenristekdikti sampai masa berlaku
akreditasinya habis. Kemenristekdikti menerbitkan sertifikat baru bagi jurnal ilmiah yang telah diakreditasi oleh LIPI tersebut.
Pengajuan akreditasi jurnal ilmiah menurut peraturan baru akan dimulai pada 1 Juni 2018. Masa pendaftaran akreditasi jurnal ilmiah dibuka sepanjang tahun, demikian pula proses penilaian akreditasinya. Hasil akreditasi ditetapkan setiap dua bulan.


Informasi Detail

Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang
Kemenristek Dikti - Pengarang Utama
NIM
Bahasa
Indonesia
Deskripsi Fisik
xx + 228 hlm.; 21 cm.
Dilihat sebanyak
1590
Penerbit Kemenristek Dikti : Jakarta.,
Edisi
Subjek
Klasifikasi
001.4

Lampiran Berkas

Citation
Kemenristek Dikti. (2018).Pedoman Akreditasi Jurnal Ilmiah 2018().Jakarta:Kemenristek Dikti

Kemenristek Dikti.Pedoman Akreditasi Jurnal Ilmiah 2018().Jakarta:Kemenristek Dikti,2018.Ebook

Kemenristek Dikti.Pedoman Akreditasi Jurnal Ilmiah 2018().Jakarta:Kemenristek Dikti,2018.Ebook

Kemenristek Dikti.Pedoman Akreditasi Jurnal Ilmiah 2018().Jakarta:Kemenristek Dikti,2018.Ebook



Dirujuk oleh 0 dokumen