Detail Cantuman

Image of PEMBERDAYAAN KADER USAHA KESEHATAN GIGI MASYARAKAT TERHADAP TINGKAT KEPUASAN MASYARAKAT

Skripsi D IV

PEMBERDAYAAN KADER USAHA KESEHATAN GIGI MASYARAKAT TERHADAP TINGKAT KEPUASAN MASYARAKAT

XML

ABSTRAK
Mahatritami, M, 2020 “Pemberdayaan Kader Usaha Kesehatan Gigi dan Mulut Masyarakat (UKGM) Terhadap Tingkat Kepuasan Masyarakat”. Skripsi Jurusan Keperawatan Gigi Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang. Pembimbing: (I) Drg. Ani Subekti, MDSc, Sp.KGA, (II) Sukini, S.ST, MH.kes.
Pemberdayaan kader usaha kesehatan gigi dan mulut (UKGM) adalah kegiatan promotif yaitu dengan memberikan penyuluhan dan pelatihan kepada masyarakat, kader pemberdayaan kesejahteraan keluarga, kader posyandu secara berkala untuk menjadi kader usaha kesehatan gigi dan mulut (UKGM) yang aktif. Para kader ini nantinya akan memberikan pelayanan kepada masyarakat di daerahnya berupa penyuluhan, pemeriksaan sederhana dan merekomendasikan masyarakat untuk mengunjungi fasilitas kesehatan gigi terdekat. [H1] Tujuan dari studi literatur ini adalah untuk melakukan review pada hubungan kepuasan masyarakat terhadap pemberdayaan kader kesehatan gigi (UKGM).
Jenis penelitian yang digunakan adalah studi literatur. Metode penelitian yang digunakan yaitu kepustakaan (library research) atau studi pustaka yaitu dengan cara mengumpulkan, menelaah, serta mengolah data dari beberapa jurnal, karya ilmiah dan textbook. Data penting yang diperoleh kemudian dianalisis kembali dengan menggunakan analisis deskriptif, dikombinasikan dengan data penting lainnya untuk mendapatkan hasil yang baik.
Pemberdayaan kader UKGM bertujuan untuk meningkatkan kepuasan masyarakat jika kinerja kader UKGM yang diberdayakan aktif dan terampil. Pemberdayaan kader UKGM juga bertujuan membantu masyarakat mencapai perilaku hidup sehat khususnya dibidang kesehatan gigi dan mulut, meningkatkan sumber daya manusia dan angka kesehatan gigi yang baik. Tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan yang diberikan kader UKGM saling berhubungan. Hal yang paling dominan mempengaruhi tingkat keaktifan kader adalah insentif.
Kata kunci : Pemberdayaan kader UKGM, Tingkat kepuasan masyarakat


Informasi Detail

Pernyataan Tanggungjawab
drg. Ani Subekti, MDSc, Sp.KGA dan Sukini, S.ST, M.HKes
Pengarang
MENTARI MAHATRITAMI - Pengarang Utama
NIM
P1337425216020
Bahasa
Indonesia
Deskripsi Fisik
XIII + 64 hlm.; Bibl.; Ilus.; 29 cm
Dilihat sebanyak
1711
Penerbit Prodi DIV Keperawatan Gigi Poltekkes Kemenkes Semarang : Poltekkes Kemenkes Semarang.,
Edisi
Subjek
Klasifikasi

Lampiran Berkas

Citation
MENTARI MAHATRITAMI. (2020).PEMBERDAYAAN KADER USAHA KESEHATAN GIGI MASYARAKAT TERHADAP TINGKAT KEPUASAN MASYARAKAT().Poltekkes Kemenkes Semarang:Prodi DIV Keperawatan Gigi Poltekkes Kemenkes Semarang

MENTARI MAHATRITAMI.PEMBERDAYAAN KADER USAHA KESEHATAN GIGI MASYARAKAT TERHADAP TINGKAT KEPUASAN MASYARAKAT().Poltekkes Kemenkes Semarang:Prodi DIV Keperawatan Gigi Poltekkes Kemenkes Semarang,2020.Skripsi D IV

MENTARI MAHATRITAMI.PEMBERDAYAAN KADER USAHA KESEHATAN GIGI MASYARAKAT TERHADAP TINGKAT KEPUASAN MASYARAKAT().Poltekkes Kemenkes Semarang:Prodi DIV Keperawatan Gigi Poltekkes Kemenkes Semarang,2020.Skripsi D IV

MENTARI MAHATRITAMI.PEMBERDAYAAN KADER USAHA KESEHATAN GIGI MASYARAKAT TERHADAP TINGKAT KEPUASAN MASYARAKAT().Poltekkes Kemenkes Semarang:Prodi DIV Keperawatan Gigi Poltekkes Kemenkes Semarang,2020.Skripsi D IV



Dirujuk oleh 0 dokumen