Detail Cantuman

Image of HUBUNGAN TINGKAT KEPATUHAN MINUM ARV DAN JENIS PERSALINAN DENGAN PENULARAN HIV DARI IBU KE BAYI
DI KABUPATEN GROBOGAN

Skripsi D IV

HUBUNGAN TINGKAT KEPATUHAN MINUM ARV DAN JENIS PERSALINAN DENGAN PENULARAN HIV DARI IBU KE BAYI DI KABUPATEN GROBOGAN

XML

Poltekkes Kemenkes Semarang
Jurusan Kebidanan Semarang
Prodi Sarjana Terapan Kebidanan Semarang
2020


Sri Siswati1, Listyaning Eko Martanti2, Runjati 3
Hubungan Tingkat Kepatuhan Minum ARV Dan Jenis Persalinan Dengan Penularan HIV Dari Ibu Ke Bayi Di Kabupaten Grobogan
99 hal +13 tabel+2 bagan+13 lampiran

ABSTRAK

Penularan HIV dari ibu ke bayi saat ini bertambah terus seiring meningkatnya perempuan terinfeksi HIV. Intervensi yang dapat dilakukan berupa tindakan preventif melalui pemberian antiretroviral (ARV) pada ibu selama periode perinatal, persalinan secara seksio cesarea, serta menghindari pemberian ASI oleh ibu yang positif terinfeksi HIV.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan tingkat kepatuhan minum ARV dan jenis persalinan dengan penularan HIV dari ibu ke bayi.
Metode penelitian ini adalah survei analitik dengan rancangan penelitian cross sectional. Teknik pengambilan sampel dengan metode total sampling, dan sampel dalam penelitian ini adalah 30 ibu dengan riwayat hamil positif HIV dan mempunyai bayi umur 9-12 bulan di Kabupaten Grobogan. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan kuisioner dan dianalisis menggunakan uji chi-square dengan α < 0,05.
Hasil penelitian ini menemukan bahwa sebagian besar responden memiliki tingkat kepatuhan minum ARV dalam kategori patuh (90,0%) dan melakukan persalinan dengan tindakan cesarean section sebesar (73,3%) serta diperoleh adanya hubungan antara tingkat kepatuhan dan jenis persalinan dengan penularan HIV dari ibu ke bayi dengan p value 0.000 < 0.05.
Dari hasil penelitian ini diharapkan pelayanan Antenatal Care di fasilitas kesehatan dapat ditingkatkan dalam mendeteksi HIV sedini mungkin, pemberian ARV pada ibu hamil dengan positif HIV pada awal kehamilan serta perencanaan persalinan dengan tindakan sehingga dapat mengurangi terjadinya penularan HIV dari ibu ke bayi.

Kata Kunci: Tingkat kepatuhan, Jenis persalinan dan Penularan HIV dari ibu ke bayi.
Pustaka : 18 ( 2004-2018)
1 Peneliti Utama
2 Pembimbing 1
3 Pembimbing 2

Health Ministry of Health Polytechnic of Semarang
Midwifery of Semarang
Studi Progma Diploma IV of Semarang
2020


Sri Siswati1, Listyaning Eko Martanti2, Runjati 3
Correlation between ARV adherence and labor with mother to child HIV transmision in Grobogan regency
98 page +24 tables+5 charts+11 attachments

ABSTRACT

Nowaday, Mother to Child HIV Transmission (MTCT) is increase as pregnant women infected with HIV increasing steadily. Precautions that can be taken are Anti Retroviral (ARV) administration, labor with cesarean section, and avoid breastfeeding by mother with HIV positive. The objective of this research is to discover The Correlation between ARV adherence and labor with mother to child HIV transmission.
Methods of this research was analytic survey with cross sectional design. Sampling technique was total sampling and total sample of this research was 30 respondents with a history of HIV positive in pregnancy and have a baby 9-12 months of age in Grobogan Regency. Data collection was done using a questionnaire and analyze using chi-square test with α < 0,05.
The research found that majority of respondents have high level of ARV adherence (90%) and have labor with cesarean section (73,3%) also this research found that there is a Correlation between ARV adherence and labor with mother to child HIV transmission by p value 0.000 < 0.05.
Finally, with this results we hope that Antenatal Care services in Health Care Center can be improved to detect HIV infection as early as possible, ARV administrations for pregnant women with HIV positive in early period of pregnancy and labor with cesarean section, therefore mother to child HIV transmission can be prevented.


Keywords: ARV Adherence, Labor and Mother to Child HIV Transmission
Libraries: 18 (2004-2018)
1 Major researchers
2 Supervisor 1
3 A Mentor 2


Informasi Detail

Pernyataan Tanggungjawab
Listyaning Eko Martanti, S.SiT, M.Tr.Keb & Dr. Runjati, M.Mid
Pengarang
Sri Siswati - Pengarang Utama
NIM
P1337424419102
Bahasa
Indonesia
Deskripsi Fisik
XIII + 70 hlm
Dilihat sebanyak
899
Penerbit Sarjana Terapan Kebidanan Semarang : Semarang.,
Edisi
Subjek
Klasifikasi

Lampiran Berkas

Citation
Sri Siswati. (2020).HUBUNGAN TINGKAT KEPATUHAN MINUM ARV DAN JENIS PERSALINAN DENGAN PENULARAN HIV DARI IBU KE BAYI DI KABUPATEN GROBOGAN().Semarang:Sarjana Terapan Kebidanan Semarang

Sri Siswati.HUBUNGAN TINGKAT KEPATUHAN MINUM ARV DAN JENIS PERSALINAN DENGAN PENULARAN HIV DARI IBU KE BAYI DI KABUPATEN GROBOGAN().Semarang:Sarjana Terapan Kebidanan Semarang,2020.Skripsi D IV

Sri Siswati.HUBUNGAN TINGKAT KEPATUHAN MINUM ARV DAN JENIS PERSALINAN DENGAN PENULARAN HIV DARI IBU KE BAYI DI KABUPATEN GROBOGAN().Semarang:Sarjana Terapan Kebidanan Semarang,2020.Skripsi D IV

Sri Siswati.HUBUNGAN TINGKAT KEPATUHAN MINUM ARV DAN JENIS PERSALINAN DENGAN PENULARAN HIV DARI IBU KE BAYI DI KABUPATEN GROBOGAN().Semarang:Sarjana Terapan Kebidanan Semarang,2020.Skripsi D IV



Dirujuk oleh 0 dokumen