AYU LESTARI; " /> HUBUNGAN MUTU PELAYANAN PERSALINAN DENGAN KEPUASAN IBU BERSALIN AYU LESTARI; " />

Detail Cantuman

Skripsi D IV

HUBUNGAN MUTU PELAYANAN PERSALINAN DENGAN KEPUASAN IBU BERSALIN

XML

Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang
Jurusan Kebidanan Magelang
Program Studi D Iv Kebidanan Magelang
2020

ABSTRAK
Ayu Lestari, Esti Handayani, Nuril Nikmawati
Hubungan Mutu Pelayanan Persalinan dengan Kepuasan Ibu Bersalin
85 Hal + 9 Tabel + 2 Gambar + 10 Lampiran

Mutu merupakan proses pemenuhan kebutuhan dan harapan pasien. Kepuasan pasien merupakan salah satu indikator untuk menentukan kualitas pelayanan oleh karena itu komponen kepuasan pasien dari mutu pelayanan kesehatan menjadi salah satu komponen utama atau penting. Pelayanan kebidanan harus mengupayakan peningkatan mutu dan memberi pelayanan sesuai dengan standar yang mengacu pada semua persyaratan kualitas pelayanan dan peralatan kesehatan agar dapat memenuhi kebutuhan masyarakat Puskesmas kaloran melakukan survey kepuasan dengan menggunakan sticker yang dimasukkan dalam kotak bertuliskan puas dan tidak puas, lalu dilakukan evaluasi setiap bulan untuk memperbaiki kualitas pelayanan.
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan mutu pelayanan persalinan dan kepuasan ibu bersalin. Penelitian ini dilakukan di Puskesmas Kaloran Kabupaten Temanggung. Jenis penelitian ini merupakan penelitian analitk corelation dengan pendekatan cross-sectional. Populasi penelitian ini semua ibu yang pernah bersalin di Puskesmas Kaloran yang masuk dalam kriteria inklusi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan mutu pelayanan persalinan dengan kepuasan ibu bersalin di Puskesmas Kaloran kabupaten Temanggung dengan p value 0,00. Keeratan hubungan mutu pelayanan persalinan dengan kepuasan ibu bersalin terhadap pelayanan persalinan memiliki koefisien korelasi sebesar 0,731 menunjukkan korelasi positif dengan kekuatan korelasi yang kuat. Saran pada penelitian ini Tenaga kesehatan di Puskesmas Kaloran terutama Bidan untuk tetap mempertahankan mutu layanan yang sudah dinilai sangat baik dan meningkatkan mutu layanan persalinan yang dinilai kurang baik terutama dalam meningkatkan kemampuan menangani kegawatdaruratan selama proses persalinan.

Kata Kunci : Mutu Pelayanan, Kepuasan Ibu Bersalin


Detail Information

Pembimbing/Promotor
Esti Handayani, M.Mid dan Nuril Nikmawati, S.Kep., Ns., M.Kes
Pengarang
AYU LESTARI - Personal Name
NIM
P1337424519068
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
Dilihat sebanyak
12
Penerbit : .,
Edisi
Subyek
Klasifikasi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...
BAB PENDAHULUAN P1337424519068
BAB I P1337424519068
BAB II P1337424519068
BAB III P1337424519068
BAB IV P1337424519068
BAB V P1337424519068
LAMPIRAN P1337424519068
NASKAH PUBLIKASI P1337424519068
Citation
AYU LESTARI. (2020).HUBUNGAN MUTU PELAYANAN PERSALINAN DENGAN KEPUASAN IBU BERSALIN().:

AYU LESTARI.HUBUNGAN MUTU PELAYANAN PERSALINAN DENGAN KEPUASAN IBU BERSALIN().:,2020.Skripsi D IV

AYU LESTARI.HUBUNGAN MUTU PELAYANAN PERSALINAN DENGAN KEPUASAN IBU BERSALIN().:,2020.Skripsi D IV

AYU LESTARI.HUBUNGAN MUTU PELAYANAN PERSALINAN DENGAN KEPUASAN IBU BERSALIN().:,2020.Skripsi D IV



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail