Detail Cantuman

Image of KAJIAN LITERATUR : APLIKASI PENDIDIKAN KESEHATAN TENTANG TOILET TRAINING DENGAN METODE CERAMAH DAN AUDIOVISUAL DALAM MENINGKATKAN PENGETAHUAN IBU DENGAN ANAK USIA TODDLER

Skripsi D IV

KAJIAN LITERATUR : APLIKASI PENDIDIKAN KESEHATAN TENTANG TOILET TRAINING DENGAN METODE CERAMAH DAN AUDIOVISUAL DALAM MENINGKATKAN PENGETAHUAN IBU DENGAN ANAK USIA TODDLER

XML

ABSTRAK

KAJIAN LITERATUR : APLIKASI PENDIDIKAN KESEHATAN TENTANG TOILET TRAINING DENGAN METODE CERAMAH DAN AUDIOVISUAL DALAM MENINGKATKAN PENGETAHUAN IBU DENGAN ANAK USIA TODDLER

Mei Elis Setiawati1, Tulus Puji Hastuti2, Yeni Yulistanti2

1) Mahasiswa Program Studi DIV Keperawatan
2) Dosen Jurusan Keperawatan Poltekkes Kemenkes Semarang
Koresponden : meielissetia@gmail.com

Latar Belakang : Toilet training merupakan suatu usaha yang dilakukan agar anak mampu untuk mengontrol buang air kecil dan buang air besar. Melatih toilet training pada anak membutuhkan kesiapan fisik, psikologis, intelektual serta pengetahuan ibu tentang toilet training tersebut.

Tujuan : mengidentifikasi artikel-artikel penelitian yang memaparkan pengaruh pendidikan kesehatan tentang toilet training dengan metode ceramah dan audiovisual dalam meningkatkan pengetahuan ibu dengan anak usia toddler.

Metode : Penelitian ini menggunakan desain penelitian kepustakaan atau literature review. Literature review merupakan penelitian dengan cara mengumpulkan data yang berhubungan dengan topik khusus yang dapat diambil melalui buku, jurnal, artikel dan pustaka lain.

Hasil : Kajian literatur tersebut menunjukkan bahwa pengetahuan seorang ibu dapat meningkat dengan diberikah edukasi atau pendidikan kesehatan dengan berbagai metode yang berbeda seperti ceramah, audiovisual, booklet serta flash chard.

Kesimpulan : Pemberian psikoedukasi dengan media video dan flash card, penyuluhan dengan media audiovisual dan booklet serta penyuluhan kesehatan tentang toilet training terbukti efektif dalam meningkatkan pengetahuan ibu.

Kata kunci : Pendidikan kesehatan, toilet training toddler, ceramah dan audiovisual, pengetahuan.



ABSTRACT

LITERATURE REVIEW: APPLICATION OF HEALTH EDUCATION ABOUT TOILET TRAINING WITH SPEECH AND AUDIOVISUAL METHODS IN IMPROVING MOTHER KNOWLEDGE WITH CHILDREN AGE TODDLER


Mei Elis Setiawati1, Tulus Puji Hastuti2, Yeni Yulistanti2

1) Student Program of Studies DIV of Nursing
2) Lecturer Departement Of Nursing Ministry Of Health Polytechnic Of Semarang
Correspondent : meielissetia@gmail.com


Background: Toilet training is an effort made so that children are able to control urination and defecation. Practicing toilet training for children requires physical, psychological, intellectual and mother's knowledge of toilet training.

Objective: to identify research articles that describe the effect of health education on toilet training with lecture and audiovisual methods in increasing the knowledge of mothers with toddler age children.

Method: This study used a literature review design. Literature review is research by collecting data related to specific topics that can be taken through books, journals, articles and other literature.

Results: The literature review shows that a mother's knowledge can be increased by marriage education or health education with a variety of different methods such as speech, audiovisuals, booklets and flash chard.

Conclusion: Providing psychoeducation with video and flash card media, counseling with audiovisual media and booklets as well as health counseling about toilet training has proven to be effective in increasing maternal knowledge.

Keywords: Health education, toddler toilet training, speech and audiovisual, knowledge.


Informasi Detail

Pernyataan Tanggungjawab
Tulus Puji Hastuti, S.Kep., Ns. M.Kes dan Yeni Yulistanti, S.Kep., Ns. M.Tr.Kep
Pengarang
Mei Elis Setiawati - Pengarang Utama
NIM
P1337420716027
Bahasa
Indonesia
Deskripsi Fisik
XVI + 51 hlm.; Bibl.; Ilus.; 21 cm x 29,7 cm.
Dilihat sebanyak
761
Penerbit Prodi DIV Keperawatan Magelang : Magelang.,
Edisi
Subjek
Klasifikasi

Lampiran Berkas

Citation
Mei Elis Setiawati. (2020).KAJIAN LITERATUR : APLIKASI PENDIDIKAN KESEHATAN TENTANG TOILET TRAINING DENGAN METODE CERAMAH DAN AUDIOVISUAL DALAM MENINGKATKAN PENGETAHUAN IBU DENGAN ANAK USIA TODDLER().Magelang:Prodi DIV Keperawatan Magelang

Mei Elis Setiawati.KAJIAN LITERATUR : APLIKASI PENDIDIKAN KESEHATAN TENTANG TOILET TRAINING DENGAN METODE CERAMAH DAN AUDIOVISUAL DALAM MENINGKATKAN PENGETAHUAN IBU DENGAN ANAK USIA TODDLER().Magelang:Prodi DIV Keperawatan Magelang,2020.Skripsi D IV

Mei Elis Setiawati.KAJIAN LITERATUR : APLIKASI PENDIDIKAN KESEHATAN TENTANG TOILET TRAINING DENGAN METODE CERAMAH DAN AUDIOVISUAL DALAM MENINGKATKAN PENGETAHUAN IBU DENGAN ANAK USIA TODDLER().Magelang:Prodi DIV Keperawatan Magelang,2020.Skripsi D IV

Mei Elis Setiawati.KAJIAN LITERATUR : APLIKASI PENDIDIKAN KESEHATAN TENTANG TOILET TRAINING DENGAN METODE CERAMAH DAN AUDIOVISUAL DALAM MENINGKATKAN PENGETAHUAN IBU DENGAN ANAK USIA TODDLER().Magelang:Prodi DIV Keperawatan Magelang,2020.Skripsi D IV



Dirujuk oleh 0 dokumen