Artikel Dosen
APLIKASI PROGRAM UKGS INOVATIF IRENE’S DONUTS TERHADAP PERILAKU PEMELIHARAAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT SERTA OHI-S PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK) DI SLB NEGERI SEMARANG
XMLAnak Berkebutuhan Khusus (ABK) adalah anak yang mempunyai kelainan dalam konteks pendidikan,
semestinya dalam pemeliharaan kesehatan gigi dan mulutnya mendapatkan perhatian khusus baik dari guru di
sekolah maupun orang tua di rumah. Sebagian besar ABK tingkat Sekolah Dasar (SD) di Sekolah Luar Biasa
Negeri Semarang menunjukkan bahwa sebesar 77% menderita karies gigi, sehingga perlu perhatian khusus.
Program UKGS inovatif Irene’s Donuts merupakan program UKGS dengan inovasi menggunakan metode
Irene’s Donut’s yang telah terbukti dapat mengurangi resiko karies pada SD umum, sehingga perlu diuji coba
aplikasinya pada ABK tingkat SD di SLB Negeri Semarang.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian quasi eksperimental dengan desain nonrandomized
pre test-post test equivalent control group. Penelitian ini dilakukan pada 76 responden. 38 responden pada
kelompok kontrol dan 38 responden pada kelompok perlakuan.
Hasil Uji Dependent T Test terhadap Oral Hygiene Index(OHI-S) Pre dan Post Test menunjukkan p
value yaitu sebesar 0,000. Hasil uji beda Mann-Whitney terhadap perilaku pemeliharaan kesehatan gigi dan
mulut pada kelompok kontrol dan kelompok perlakuan menunjukkan p value sebesar 0,024.
Kesimpulan dari penelitian ini yaitu ada perbedaan antara OHI-S sebelum dan sesudah aplikasi
program UKGS Inovatif Irene’s Donuts pada ABK di SLB Negeri Semarang. Ada perbedaan antara perilaku
pemeliharaan kesehatan gigi dan mulut sebelum dan sesudah aplikasi program UKGS Inovatif Irene’s.
Informasi Detail
Pernyataan Tanggungjawab | |
---|---|
Pengarang |
Betty Saptiwi - Pengarang Utama
Sukini - Pengarang Tambahan Supriyana - Pengarang Tambahan Salikun - Pengarang Tambahan |
NIM | |
Bahasa |
Indonesia
|
Deskripsi Fisik |
5 p.
|
Dilihat sebanyak |
1368
|
Penerbit | Jurnal Kesehatan Gigi : Semarang., 2015 |
---|---|
Edisi |
Jurnal Kesehatan Gigi Vol.02 No.2, Desember 2015
|
Subjek | |
Klasifikasi |
NONE
|