Detail Cantuman

No image available for this title

Skripsi D IV

Pengaruh Yoga Terhadap Derajad Nyeri Dismenore Primer

XML

Poltekkes Kemenkes Semarang
Jurusan Kebidanan
Program Studi Sarjana Terapan Kebidanan Magelang 2019


ABSTRAK

Danar Nur Faidah1, Arum Lusiana2, Esti Handayani3

PENGARUH YOGA TERHADAP DERAJAT NYERI DISMENORE PRIMER

Setiap wanita pasti akan mengalami masa pubertas dan pada masa pubertas ditandai dengan menstruasi. sebelum atau sesudah menstruasi datang beberapa wanita sering mengalami ketidaknyamanan. Salah satu ketidaknyamanan tersebut berupa Dismenore (nyeri haid). Di Indonesia angka kejadian dismenorea sebesar 107.673 jiwa (64,25%), yang terdiri dari 59.671 jiwa (54,89%) mengalami disminore primer sedangan sisanya adalah dengan disminore tipe sekunder. Nyeri haid jika tidak segera diatasi akan menganggu kesehatan dirinya yang akan mempengaruhi fungsi mental dan fisik individu terutama bagi para remaja yang akan mengganggu aktivitas belajar dan konsentrasi belajar juga akan berkurang. Tujuan dari penelitian ini adalah Pengaruh Yoga Terhadap Derajat Nyeri Dismenore Primer pada siswi kelas X di Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Magelang.
penelitian ini menggunakan desain penelitian Quasi Eksperimen dengan rancangan penelitian One Group Pretest-Posttes yaitu dengan melakukan observasi pertama (pretest) sehingga peneliti dapat menguji perubahan-perubahan yang terjadi setelah adanya perlakuan dan selanjutnya dilakukan posttest. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 47 responden.penelitian ini dianalisis secara univariat dan bivariat.
Hasil penelitian ini menggunakan uji statistik Wilcoxon dengan hasil p value 0,000 < a (0,1). Hal ini menunjukkan bahwa 0,000 lebih kecil dari 0,1 yang berarti yoga berpengaruh terhadap derajad nyeri dismenore primer.
Hasil penelitian ini diharapkan menjadi tambahan informasi bagi responden agar dapat memanfaatkan pengobatan non farmakologi dengan menggunakan terapi yoga ketika mengalami dismenore agar tidak mengganggu aktivitas belajar disekolah maupun diluar sekolah dan bagi peneliti selanjutnya diharapkan memperhatikan faktor faktor lain yang dapat mempengaruhi rasa nyeri, dan memperhatikan faktor-faktor pengganggu yang dapat mempengaruhi efektivitasan dari yoga serta menggunakan kelompok pembanding.


Kata kunci : Yoga dan Derajat Nyeri Dismenore Primer
Keterangan : Mahasiswa Sarjana Terapan Kebidanan Magelang(1), Pembimbing1(2) , Pemimbing2(3)


Informasi Detail

Pernyataan Tanggungjawab
Arum Lusiana, S.SiT, M.Keb
Pengarang
Danar Nur Faidah - Pengarang Utama
NIM
P1337424515029
Bahasa
Deskripsi Fisik
xii, 75 Halaman, 5 tabel, 1 Bagan, 7 Lampiran
Dilihat sebanyak
539
Penerbit : Magelang.,
Edisi
2019
Subjek
Klasifikasi
NONE

Lampiran Berkas

Citation
Danar Nur Faidah. ().Pengaruh Yoga Terhadap Derajad Nyeri Dismenore Primer(2019).Magelang:

Danar Nur Faidah.Pengaruh Yoga Terhadap Derajad Nyeri Dismenore Primer(2019).Magelang:,.Skripsi D IV

Danar Nur Faidah.Pengaruh Yoga Terhadap Derajad Nyeri Dismenore Primer(2019).Magelang:,.Skripsi D IV

Danar Nur Faidah.Pengaruh Yoga Terhadap Derajad Nyeri Dismenore Primer(2019).Magelang:,.Skripsi D IV



Dirujuk oleh 0 dokumen