Detail Cantuman

Image of EFEKTIVITAS METODE PENYULUHAN NUMBERED HEADS TOGETHER DAN TALKING STICK TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN KARIES PADA SISWA KELAS 5 SDN SENDANGMULYO 02

Skripsi D IV

EFEKTIVITAS METODE PENYULUHAN NUMBERED HEADS TOGETHER DAN TALKING STICK TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN KARIES PADA SISWA KELAS 5 SDN SENDANGMULYO 02

XML

Masalah kesehatan gigi dan mulut pada anak SD adalah karies. Oleh karena itu, diperlukan upaya peningkatan pengetahuan mengenai kesehatan gigi dan mulut dengan penyuluhan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas antara metode penyuluhan Numbered Heads Together dan Talking Stick terhadap tingkat pengetahuan karies pada siswa kelas 5 SDN Sendangmulyo 02.
Metode penelitian ini adalah quasi experiment dengan rancangan penelitian pre-test dan post-test with two group design. Sampel penelitian ini siswa kelas 5 SDN Sendangmulyo 02 berjumlah 54 siswa, dibagi 2 kelompok. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik proportional random sampling. Uji analisa data menggunakan uji statistik Wilcoxon test dan Mann-Whitney test.
Hasil uji statistik dengan Wilcoxon test menunjukkan bahwa terdapat perbedaan pengetahuan antara sebelum dan sesudah penyuluhan, nilai p-value metode Numbered Heads Together = 0,000 dan p-value metode Talking Stick = 0,000. Uji Mann-Whitney test menunjukkan bahwa terdapat perbedaan efektivitas secara signifikan antara penyuluhan dengan mtode Numbered Heads Together dan metode Talking Stick dengan p-value = 0,000. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dimana metode Numbered Heads Together lebih efektif dibandingkan metode Talking Stick.
Dan pada penyuluhan kesehatan gigi dan mulut dapat memprioritaskan metode Numbered Heads Together kepada siswa, khususnya dalam pengetahuan karies.


Informasi Detail

Pernyataan Tanggungjawab
drg. Iman Supardan,M.Kes dan dr. Endra Nastiti Donasari
Pengarang
Elnanda Paramita Sari - Pengarang Utama
NIM
P1337425215031
Bahasa
Indonesia
Deskripsi Fisik
xi + 68 hlm
Dilihat sebanyak
661
Penerbit Prodi DIV Keperawatan Gigi Semarang POLTEKKES KEMENKES SEMARANG : POLTEKKES KEMENKES SEMARANG.,
Edisi
Subjek
Klasifikasi

Lampiran Berkas

Citation
Elnanda Paramita Sari. (2019).EFEKTIVITAS METODE PENYULUHAN NUMBERED HEADS TOGETHER DAN TALKING STICK TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN KARIES PADA SISWA KELAS 5 SDN SENDANGMULYO 02().POLTEKKES KEMENKES SEMARANG:Prodi DIV Keperawatan Gigi Semarang POLTEKKES KEMENKES SEMARANG

Elnanda Paramita Sari.EFEKTIVITAS METODE PENYULUHAN NUMBERED HEADS TOGETHER DAN TALKING STICK TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN KARIES PADA SISWA KELAS 5 SDN SENDANGMULYO 02().POLTEKKES KEMENKES SEMARANG:Prodi DIV Keperawatan Gigi Semarang POLTEKKES KEMENKES SEMARANG,2019.Skripsi D IV

Elnanda Paramita Sari.EFEKTIVITAS METODE PENYULUHAN NUMBERED HEADS TOGETHER DAN TALKING STICK TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN KARIES PADA SISWA KELAS 5 SDN SENDANGMULYO 02().POLTEKKES KEMENKES SEMARANG:Prodi DIV Keperawatan Gigi Semarang POLTEKKES KEMENKES SEMARANG,2019.Skripsi D IV

Elnanda Paramita Sari.EFEKTIVITAS METODE PENYULUHAN NUMBERED HEADS TOGETHER DAN TALKING STICK TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN KARIES PADA SISWA KELAS 5 SDN SENDANGMULYO 02().POLTEKKES KEMENKES SEMARANG:Prodi DIV Keperawatan Gigi Semarang POLTEKKES KEMENKES SEMARANG,2019.Skripsi D IV



Dirujuk oleh 0 dokumen