Detail Cantuman

No image available for this title

Skripsi D IV

GAMBARAN TINGKAT KEPUASAN IBU NIFAS DALAM PELAYANAN KUNJUNGAN POSTPARTUM

XML

Poltekkes Kemenkes Semarang
Jurusan Kebidanan Magelang
Program Studi Sarjana Terapan Kebidanan Magelang
2019
ABSTRAK
Fifi Fidyaningrum (1), Ayuningtyas S.ST., M.Kes (2), Tuti Sukini S.SiT., M.Kes(3)
Gambaran Tingkat Kepuasan Ibu Nifas Dalam Kunjungan Pelayanan Postpartum
111 hal + 17 tabel + 2 gambar + 14 lampiran
Kualitas pelayanan kesehatan menunjukkan pada tingkat kesempurnaan pelayanan kesehatan dalam menimbulkan rasa puas diri setiap pasien. Semakin baik kualitas pelayanan kesehatan (dimensi reliability, assurance, tangible, empathy dan responsiveness) semakin baik pula kepuasan pasien yang timbul. Berdasarkan studi pendahuluan yang telah dilakukan didapatkan hasil bahwa ibu nifas merasa puas dengan pelayanan yang ada, namun masih terdapat ibu nifas yang merasa cukup puas dan tidak puas pada beberapa unsur dengan nilai tertinggi yaitu reliabilty 3, 11 dan nilai terendah responsiveness 2,94
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran tingkat kepuasan ibu nifas dalam pelayanan kunjungan postpartum. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan survei pendapat umum. Populasi penelitian ini adalah seluruh ibu nifas yang terdapat di wilayah kerja Puskesmas Tepusen dan Puskesmas Kandangan. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling dengan jumlah sampel sebanyak 48 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen kuesioner dan selanjutnya data dianalisis secara univariat.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ibu nifas merasa puas dengan kelima dimensi yang ada dimana responden yang merasa puas pada dimensi reliability (83,3%), assurance (77,1%), tangibles (72,9%), emphaty(75%) , responsiveness (72,9%)
Setiap petugas tetap menjaga dan lebih meningkatkan mutu pelayanan yang ada agar eskpetasi pasien sesuai dengan keinginan, sehingga pasien akan merasa puas dengan pelayanan yang diberikan.
Kata kunci: kepuasan, nifas, reliability, assurance, tangibles, emphaty, responsiveness
Daftar Pustaka: 45 pustaka (2008-2018)
(1) :Peneliti
(2) :Pembimbing I
(3) :Pembimbing II


Informasi Detail

Pernyataan Tanggungjawab
Ayuningtyas, S.SiT, M.Kes
Pengarang
FIFI FIDYANINGRUM - Pengarang Utama
NIM
P1337424515030
Bahasa
Indonesia
Deskripsi Fisik
xiv+111 hal + 17 tab + 2 gbr + 14 lamp
Dilihat sebanyak
555
Penerbit : Magelang.,
Edisi
2019
Subjek
Klasifikasi
NONE

Lampiran Berkas

Citation
FIFI FIDYANINGRUM. (2019).GAMBARAN TINGKAT KEPUASAN IBU NIFAS DALAM PELAYANAN KUNJUNGAN POSTPARTUM(2019).Magelang:

FIFI FIDYANINGRUM.GAMBARAN TINGKAT KEPUASAN IBU NIFAS DALAM PELAYANAN KUNJUNGAN POSTPARTUM(2019).Magelang:,2019.Skripsi D IV

FIFI FIDYANINGRUM.GAMBARAN TINGKAT KEPUASAN IBU NIFAS DALAM PELAYANAN KUNJUNGAN POSTPARTUM(2019).Magelang:,2019.Skripsi D IV

FIFI FIDYANINGRUM.GAMBARAN TINGKAT KEPUASAN IBU NIFAS DALAM PELAYANAN KUNJUNGAN POSTPARTUM(2019).Magelang:,2019.Skripsi D IV



Dirujuk oleh 0 dokumen