Skripsi D IV
PENGARUH METODE DRILL DENGAN MEDIA SCRAPBOOK TERHADAP PENINGKATAN KONSENTRASI BELAJAR PADA ANAK RETARDASI MENTAL DI SLB-C WIDYA BHAKTI SEMARANG
XMLLatar Belakang : Salah satu gangguan pada anak retardasi mental adalah gangguan fungsi afektif yang mana berhubungan dengan pemusatan pikiran. Hal ini merupakan salah satu gejala penyimpangan pada perkembangan anak sehingga menyebabkan anak sulit berkonsentrasi. Oleh karena itu, perlu intervensi yang memicu peningkatan konsentrasi belajar yaitu metode drill dengan media scrapbook.
Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode drill dengan media scrapbook terhadap peningkatan konsentrasi pada anak retardasi mental di SLB-C Widya Bhakti Semarang.
Metode : Penelitian ini menggunakan Pre-Experimental one group pre and post-test without control group design. Sampel penelitian yaitu 30 anak retardasi mental ringan di SLB-C Widya Bhakti Semarang pada tanggal 4 – 12 Februari 2019. Teknik sampling dengan purposive sampling dan analisis pengolahan data dengan uji Wilcoxon.
Hasil : Hasil analisis menggunakan uji Wilcoxon menunjukkan nilai p value = 0.000 yang membuktikan bahwa ada perbedaan bermakna antara sebelum dan sesudah perlakuan metode drill dengan media scrapbook terhadap peningkatan konsentrasi belajar pada anak retardasi mental di SLB-C Widya Bhakti Semarang.
Saran : Diharapkan pihak sekolah dapat memberikan pengajaran melalui metode dan media yang lebih menarik serta inovatif sehingga konsentrasi belajar anak retardasi mental dapat meningkat.
Kata kunci : konsentrasi belajar; retardasi mental; metode drill; scrapbook
Informasi Detail
Pernyataan Tanggungjawab |
Fajar Surachmi, SKM, M.Kes & Sugih Wijayati, S.Kp, Ns., M.Kes
|
---|---|
Pengarang | |
NIM |
P1337420615033
|
Bahasa |
Indonesia
|
Deskripsi Fisik |
XVI + 101 hlm.; Bibl.; Ilus.; 29 cm.
|
Dilihat sebanyak |
1012
|
Penerbit | Prodi DIV Keperawatan Semarang POLTEKKES KEMENKES SEMARANG : POLTEKKES KEMENKES SEMARANG., 2019 |
---|---|
Edisi |
2019
|
Subjek | |
Klasifikasi |
NONE
|