Detail Cantuman

Image of KEPUASAN PASIEN TERHADAP MUTU PELAYANAN
KESEHATAN GIGI DAN MULUT DI KLINIK GIGI
RSI SULTAN AGUNG
SEMARANG

Tugas Akhir DIII

KEPUASAN PASIEN TERHADAP MUTU PELAYANAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT DI KLINIK GIGI RSI SULTAN AGUNG SEMARANG

XML

Pelayanan kesehatan gigi dan mulut adalah suatu bentuk pelayanan profesional yang ditujukan kepada masyarakat, keluarga maupun perorangan baik yang sakit maupun yang sehat. Beberapa faktor yang mempengaruhi mutu pelayanan kesehatan gigi yang baik adalah responsiveness, reliability, assurance, emphaty dan tangible, atau biasa disebut Serv Qual. Apabila unsur unsur ini terpenuhi dengan baik maka pasien akan merasa puas terhadap pelayanan yang sudah diberikan. Kepuasan pasien terhadap pelayanan kesehatan gigi dan mulut adalah persepsi terhadap pelayanan yang diterima dengan dengan harapanya sebelum pelayanan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran kepuasan pasien terhadap mutu pelayanan kesehatan gigi dan mulut di klinik gigi RSI Sultan Agung Semarang.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif yaitu penelitian yang digunakan untuk menggambarkan suatu data hasil penelitian. Metode yang digunakan adalah metode survei dengan menggunakan pendekatan cross sectional. Analisa data dengan metode deskriptif kuantitatif yaitu mendiskripsikan hasil penelitian berupa angka untuk mendapatkan gambaran hasil penelitian. Instrumen yang digunakan adalah checklist dan kuesioner. Populasi penelitian adalah pasien yang berkunjung di klinik gigi pada bulan Januari 2019 dengan jumlah sample 43 responden.
Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa frekuensi tertinggi dengan kriteria puas di dapatkan 69,9% dan kriteria sedang di dapatkan 25,5% serta 4,6% yang merasa tidak puas. Kesimpulanya pasien merasa puas terhadap mutu pelayanan kesehatan gigi dan mulut di RSI Sultan Agung Semarang. Mutu pelayanan kesehatan gigi dan mulut dalam kriteria baik. Disarankan kepada RS untuk terus mempertahankan pelayanan guna untuk meningkatkan kepuasan pasien yang lebih optimal.


Informasi Detail

Pernyataan Tanggungjawab
IrmanitaWiradona, S.Si.T,MKes
Pengarang
Ari Wahyuni - Pengarang Utama
NIM
P1337425116059
Bahasa
Indonesia
Deskripsi Fisik
ix, 32 hlm. : Tabel : Lamp. ; 29 Cm
Dilihat sebanyak
581
Penerbit Prodi DIII Keperawatan Gigi Semarang POLTEKKES KEMENKES SEMARANG : POLTEKKES KEMENKES SEMARANG.,
Edisi
Subjek
Klasifikasi
081

Lampiran Berkas

Citation
Ari Wahyuni. (2019).KEPUASAN PASIEN TERHADAP MUTU PELAYANAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT DI KLINIK GIGI RSI SULTAN AGUNG SEMARANG().POLTEKKES KEMENKES SEMARANG:Prodi DIII Keperawatan Gigi Semarang POLTEKKES KEMENKES SEMARANG

Ari Wahyuni.KEPUASAN PASIEN TERHADAP MUTU PELAYANAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT DI KLINIK GIGI RSI SULTAN AGUNG SEMARANG().POLTEKKES KEMENKES SEMARANG:Prodi DIII Keperawatan Gigi Semarang POLTEKKES KEMENKES SEMARANG,2019.Tugas Akhir DIII

Ari Wahyuni.KEPUASAN PASIEN TERHADAP MUTU PELAYANAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT DI KLINIK GIGI RSI SULTAN AGUNG SEMARANG().POLTEKKES KEMENKES SEMARANG:Prodi DIII Keperawatan Gigi Semarang POLTEKKES KEMENKES SEMARANG,2019.Tugas Akhir DIII

Ari Wahyuni.KEPUASAN PASIEN TERHADAP MUTU PELAYANAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT DI KLINIK GIGI RSI SULTAN AGUNG SEMARANG().POLTEKKES KEMENKES SEMARANG:Prodi DIII Keperawatan Gigi Semarang POLTEKKES KEMENKES SEMARANG,2019.Tugas Akhir DIII



Dirujuk oleh 0 dokumen