Detail Cantuman

No image available for this title

Tugas Akhir DIII

GAMBARAN KUALITAS PELAYANAN GIZI (KEPATUHAN PRAMUSAJI DALAM PELAKSANAAN SOP, KEPUASAN PASIEN DAN DAYA TERIMA MAKANAN) PASIEN KELAS III RSUD K.R.M.T WONGSONEGORO SEMARANG

XML

Latar Belakang: Salah satu penyelenggaraan makanan yang ada di rumah sakit yaitu penyajian makanan ke pasien. Berdasarkan data Instalasi Gizi pernah ada komplain terkait sikap pramusaji yang kurang sopan dan ramah serta tidak menyebutkan nama identitas pasien saat menyajikan makanan ke pasien. Dalam memberikan pelayanan sesuai dengan standar rumah sakit, maka pramusaji harus menguasai dan mengimplementasikan SOP penyaji. Keberhasilan dalam pelayanan makanan rumah sakit adalah berorientasi pada kepuasan pasien dan daya terima makanan.
Tujuan: Tujuannya untuk mengetahui gambaran kualitas pelayanan gizi (kepatuhan pramusaji dalam pelaksanaan SOP, kepuasan pasien dan daya terima makanan pasien) pada kelas III RSUD K.R.M.T Wongsonegoro Semarang.
Metode: Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan rancangan penelitian cross sectional. Jumlah subjek penelitian sebanyak 16 pramusaji dan 48 responden. Data dikumpulkan melalui pengisian kuisioner. Data dikategorikan dan didistribusikan dengan tabel frekuensi.
Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa pramusaji yang tergolong patuh sebesar 81,2%. Sedangkan pasien yang menyatakan puas terhadap pelayanan pramusaji sebesar 83,3% dan rata- rata sisa makanan pasien non diet RSUD K.R.M.T Wongsonegoro 16,02%. Sisa makanan yang baik yaitu ≤ 20% sebanyak 70,8%.
Kesimpulan: Pelayanan makanan di RSUD K.R.M.T Wongsonegoro sudah termasuk baik jika dilihat dari sisa makanan ≤ 20% dan pasien juga sudah merasa puas atas pelayanan makanan yang diberikan.


Informasi Detail

Pernyataan Tanggungjawab
Wiwik Wijaningsih, STP,M.Si dan Rini Setyowati, SST
Pengarang
Uswatun Chasanah - Pengarang Utama
NIM
P1337431115041
Bahasa
Indonesia
Deskripsi Fisik
X + 48 hlm.; ilus., ; 29 cm.
Dilihat sebanyak
1466
Penerbit Prodi DIII Gizi Semarang POLTEKKES KEMENKES SEMARANG : Jurusan Gizi Poltekkes Kemenke.,
Edisi
Subjek
Klasifikasi
NONE

Lampiran Berkas

Citation
Uswatun Chasanah. (2018).GAMBARAN KUALITAS PELAYANAN GIZI (KEPATUHAN PRAMUSAJI DALAM PELAKSANAAN SOP, KEPUASAN PASIEN DAN DAYA TERIMA MAKANAN) PASIEN KELAS III RSUD K.R.M.T WONGSONEGORO SEMARANG().Jurusan Gizi Poltekkes Kemenke:Prodi DIII Gizi Semarang POLTEKKES KEMENKES SEMARANG

Uswatun Chasanah.GAMBARAN KUALITAS PELAYANAN GIZI (KEPATUHAN PRAMUSAJI DALAM PELAKSANAAN SOP, KEPUASAN PASIEN DAN DAYA TERIMA MAKANAN) PASIEN KELAS III RSUD K.R.M.T WONGSONEGORO SEMARANG().Jurusan Gizi Poltekkes Kemenke:Prodi DIII Gizi Semarang POLTEKKES KEMENKES SEMARANG,2018.Tugas Akhir DIII

Uswatun Chasanah.GAMBARAN KUALITAS PELAYANAN GIZI (KEPATUHAN PRAMUSAJI DALAM PELAKSANAAN SOP, KEPUASAN PASIEN DAN DAYA TERIMA MAKANAN) PASIEN KELAS III RSUD K.R.M.T WONGSONEGORO SEMARANG().Jurusan Gizi Poltekkes Kemenke:Prodi DIII Gizi Semarang POLTEKKES KEMENKES SEMARANG,2018.Tugas Akhir DIII

Uswatun Chasanah.GAMBARAN KUALITAS PELAYANAN GIZI (KEPATUHAN PRAMUSAJI DALAM PELAKSANAAN SOP, KEPUASAN PASIEN DAN DAYA TERIMA MAKANAN) PASIEN KELAS III RSUD K.R.M.T WONGSONEGORO SEMARANG().Jurusan Gizi Poltekkes Kemenke:Prodi DIII Gizi Semarang POLTEKKES KEMENKES SEMARANG,2018.Tugas Akhir DIII



Dirujuk oleh 0 dokumen