Detail Cantuman

Image of SURVEY KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN GIGI DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN BPJS DI PUSKESMAS TLOGOSARI WETAN KOTA SEMARANG

Tugas Akhir DIII

SURVEY KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN GIGI DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN BPJS DI PUSKESMAS TLOGOSARI WETAN KOTA SEMARANG

XML

Kualitas pelayanan poli gigi puskesmas tergantung dari waktu pelayanan (makin singkat makin disenangi pasien), tempat pelayanan, kelancaran pelayanan, biaya (makin murah makin diminati), dan penanganan yang efektif. Kepuasan pasien ialah suatu tingkat perasaan pasien yang timbul sebagai akibat dari kinerja pelayanan kesehatan yang diperoleh setelah pasien membandingkan dengan apa yang diharapkannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Kualitas Pelayanan Kesehatan Gigi Dengan Tingkat Kepuasan Pasien BPJS Di Puskesmas Tlogosari Wetan Kota Semarang. Program BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) Kesehatan adalah program Pemerintah yang bertujuan memberikan kepastian jaminan kesehatan yang menyeluruh bagi seluruh rakyat Indonesia untuk dapat hidup sehat, produktif dan sejahtera. Dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan kepada peserta BPJS, BPJS Kesehatan berkomitmen dalam meningkatkan mutu dan kualitas jaminan layanan kesehatan dengan meningkatkan koordinasi dengan fasilitas kesehatan, serta yang tak kalah terpenting bagi peserta BPJS Kesehatan adalah memperkuat program promotif dan preventif.
Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Populasi adalah pasien yang berobat di poli gigi puskesmas Tlogosari Wetan Kota Semarang. Sampel yang digunakan yaitu 34 pasien BPJS. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner. Metode analisis data adalah tabulasi silang.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kualitas pelayanan tinggi banyak menjadikan pasien puas sejumlah 19 responden (55,8%) lebih besar dibanding yang tidak puas sejumlah 2 responden (5,8%). Sedangkan pada tingkat kualitas pelayanan rendah banyak menjadikan pasien tidak puas sejumlah 8 responden (23,7%) lebih besar dibanding yang puas sejumlah 5 responden (14,7%). Sehingga ada hubungan tingkat kualitas pelayanan dengan tingkat kepuasan pasien. Bagi poli gigi Puskesmas Tlogosari Wetan diharapkan dapat meningkatkan kualitas pelayanan guna meningkatkan kepuasan pasien yang lebih optimal.


Informasi Detail

Pernyataan Tanggungjawab
Yodong, S.ST,M.Hkes
Pengarang
LAILA KODARIJAH - Pengarang Utama
NIM
P1337425117102
Bahasa
Indonesia
Deskripsi Fisik
xi +36 hlm.; Bibl.;ilus.;29cm.
Dilihat sebanyak
696
Penerbit Prodi DIII Keperawatan Gigi Semarang POLTEKKES KEMENKES SEMARANG : POLTEKKES KEMENKES SEMARANG.,
Edisi
Subjek
Klasifikasi
081

Lampiran Berkas

Citation
LAILA KODARIJAH. (2018).SURVEY KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN GIGI DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN BPJS DI PUSKESMAS TLOGOSARI WETAN KOTA SEMARANG().POLTEKKES KEMENKES SEMARANG:Prodi DIII Keperawatan Gigi Semarang POLTEKKES KEMENKES SEMARANG

LAILA KODARIJAH.SURVEY KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN GIGI DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN BPJS DI PUSKESMAS TLOGOSARI WETAN KOTA SEMARANG().POLTEKKES KEMENKES SEMARANG:Prodi DIII Keperawatan Gigi Semarang POLTEKKES KEMENKES SEMARANG,2018.Tugas Akhir DIII

LAILA KODARIJAH.SURVEY KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN GIGI DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN BPJS DI PUSKESMAS TLOGOSARI WETAN KOTA SEMARANG().POLTEKKES KEMENKES SEMARANG:Prodi DIII Keperawatan Gigi Semarang POLTEKKES KEMENKES SEMARANG,2018.Tugas Akhir DIII

LAILA KODARIJAH.SURVEY KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN GIGI DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN BPJS DI PUSKESMAS TLOGOSARI WETAN KOTA SEMARANG().POLTEKKES KEMENKES SEMARANG:Prodi DIII Keperawatan Gigi Semarang POLTEKKES KEMENKES SEMARANG,2018.Tugas Akhir DIII



Dirujuk oleh 0 dokumen