Detail Cantuman

No image available for this title

Skripsi D IV

ANALISA FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI HASIL PEMERIKSAAN IVA (INSPEKSI VISUAL ASETAT)

XML

Pemeriksaan IVA merupakan salah satu deteksi dini yang dilakukan untuk mengendalikan penyakit tidak menular yaitu lesi prakanker pada leher rahim. Di Puskesmas Parakan Kabupaten Temanggung, kasus IVA cukup tinggi mendekati separuh dari jumlah wanita yang melakukan pemeriksaan IVA. Banyak faktor yang mempengaruhi munculnya lesi prakanker pada leher rahim antara lain usia, paritas, dan jenis kontrasepsi.
Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi hasil pemeriksaan IVA (Inspeksi Visual Asam Asetat) pada wanita yang melakukan pemeriksaan IVA di Puskesmas Parakan Kabupaten Temangung bulan Januari - Oktober 2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian observasional analitik korelatif menggunakan pendekatan retrospective study. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini total sampling sebanyak 175 responden terdiri dari 98 responden IVA negatif, dan 77 responden IVA positif.
Hasil penelitian ini adalah ada hubungan antara umur (ρ-value = 0,000, OR= 0,080), paritas (ρ-value = 0,020, OR= 0,357), dan jenis kontrasepsi (ρ-value = 0,000, OR= 0,064) dengan hasil pemeriksaan IVA di Puskesmas Parakan bulan Januari – Oktober 2017. Variabel yang memiliki nilai OR tertinggi yaitu paritas yaitu OR=0,357, artinya wanita yang memiliki riwayat paritas multipara lebih berisiko 0,37 kali dibanding wanita dengan riwayar paritas primipara.
Dari hasil penelitian ini diharapkan tenaga kesehatan dapat menginformasikan faktor-faktor yang berhubungan dengan hasil pemeriksaan IVA leflet, konseling, maupun penkes bagi wanita yang aktif secara seksual maupun penyuluhan kepada masyarat sehingga masyarakat mengerti dan dapat melakukan tindakan promotif dan preventif untuk mengurangi kejadian IVA positif dan menurunkan angka mordibility.


Informasi Detail

Pernyataan Tanggungjawab
Munayarokh, S.Pd, S.SiT, M.Kes
Pengarang
Zulfa Septi Kurniati - Pengarang Utama
NIM
P 1337424514011
Bahasa
Indonesia
Deskripsi Fisik
-
Dilihat sebanyak
417
Penerbit : Magelang.,
Edisi
Subjek
Klasifikasi
NONE

Lampiran Berkas

Citation
Zulfa Septi Kurniati. (2018).ANALISA FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI HASIL PEMERIKSAAN IVA (INSPEKSI VISUAL ASETAT)().Magelang:

Zulfa Septi Kurniati.ANALISA FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI HASIL PEMERIKSAAN IVA (INSPEKSI VISUAL ASETAT)().Magelang:,2018.Skripsi D IV

Zulfa Septi Kurniati.ANALISA FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI HASIL PEMERIKSAAN IVA (INSPEKSI VISUAL ASETAT)().Magelang:,2018.Skripsi D IV

Zulfa Septi Kurniati.ANALISA FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI HASIL PEMERIKSAAN IVA (INSPEKSI VISUAL ASETAT)().Magelang:,2018.Skripsi D IV



Dirujuk oleh 0 dokumen