Detail Cantuman

No image available for this title

Skripsi D IV

PENGARUH PENYULUHAN TENTANG SDIDTK TERHADAP PENGETAHUAN KADER TENTANG SDIDTK

XML

Poltekkes Kemenkes Semarang
Jurusan Kebidanan Magelang
Program Studi Sarjana Terapan Kebidanan Magelang
ABSTRAK
Fitri Febriyanti1, Bekti Yuniyanti, S.SiT, M. Hkes2, Esti Handayani, M.Mid3
PENGARUH PENYULUHAN SDIDTK TERHADAP PENGETAHUAN KADER TENTANG SDIDTK
HAL 86+GAMBAR 11+ TABEL 14+
Latar Belakang : Pertumbuhan dan perkembangan akan mengalami peningkatan yang pesat pada usia 0-5 tahun yang sering disebut dengan usia emas (Golden age). Berdasarkan laporan bulan ini dan bulan lalu, tercatat cakupan pelaksanaan SDIDTK minimal 2kali/ tahun pada anak prasekolah (60-71 bulan) di puskesmas Magelang Utara memiliki cakupan 0%, yang dikarenakan belum tercatatnya kegiatan SDIDTK di wilayah puskesmas Magelang Utara sedangkan indikator keberhasilan pelaksanaan SDIDTK adalah 90%.
Tujuan : Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian penyuluhan SDIDTK terhadap pengetahuan kader tentang SDIDTK di kelurahan Wates
Metode Penelitian : Pada penelitian ini peneliti menggunakan jenis penelitian quasi eksperimen dengan metode pre test dan post test. Desain yang digunakan pada penelitian ini One group pretest posttest. Rancangan ini diawali dengan dilakukannya observasi pertama (Pretest) sebelum intervensi dan dilakukan post test setelah intervensi
Hasil Penelitian : Hasil Penelitian menunjukkan tingkat pengetahuan kader sebelum penyuluhan sebagian besar berpengetahuan cukup yaitu sebanyak 44 (84,6%), dan hampir seluruh responden mengalami peningkatan pengetahuan yaitu sebanyak 51 (98,08%) responden. Dari hasil uji analisa menunjukkan nilai P value sebesar 0,000 sehingga ada pengaruh penyuluhan tentang SDIDTK terhadap pengetahuan kader tentang SDIDTK. Jadi dapat ditarik kesimpulan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara penyuluhan terhadap tingkat pengetahuan kader tentang SDIDTK.
Saran : Kader diharapkan dapat menerapkan ilmu yang telah diberikan untuk melaksanakan kegiatan SDIDTK di posyandu, dan kader diharapkan untuk lebih meningkatkan pengetahuan, wawasan, dan pemahaman tentang SDIDTK sehingga kader lebih siap dalam menjalankan perannya dalam pelaksanaan program SDIDK
Kata kunci : Penyuluhan, SDIDTK, Tingkat Pengetahuan, Kader
Keterangan : (1) Mahasiswa Sarjana terapan kebidanan magelang, (2) dosen Pembimbing 1, (3) Dosen Pembimbing 2


Informasi Detail

Pernyataan Tanggungjawab
Bekti Yuniyanti, S.Si.T.M.HKes
Pengarang
FITRI FEBRIYANTI - Pengarang Utama
NIM
P 1337424514001
Bahasa
Indonesia
Deskripsi Fisik
HAL 86+GAMBAR 11+ TABEL 14+
Dilihat sebanyak
613
Penerbit Prodi Kebidanan Magelang : Magelang.,
Edisi
Subjek
Klasifikasi
081

Lampiran Berkas

Citation
FITRI FEBRIYANTI. (2018).PENGARUH PENYULUHAN TENTANG SDIDTK TERHADAP PENGETAHUAN KADER TENTANG SDIDTK().Magelang:Prodi Kebidanan Magelang

FITRI FEBRIYANTI.PENGARUH PENYULUHAN TENTANG SDIDTK TERHADAP PENGETAHUAN KADER TENTANG SDIDTK().Magelang:Prodi Kebidanan Magelang,2018.Skripsi D IV

FITRI FEBRIYANTI.PENGARUH PENYULUHAN TENTANG SDIDTK TERHADAP PENGETAHUAN KADER TENTANG SDIDTK().Magelang:Prodi Kebidanan Magelang,2018.Skripsi D IV

FITRI FEBRIYANTI.PENGARUH PENYULUHAN TENTANG SDIDTK TERHADAP PENGETAHUAN KADER TENTANG SDIDTK().Magelang:Prodi Kebidanan Magelang,2018.Skripsi D IV



Dirujuk oleh 0 dokumen