Detail Cantuman

Image of PERBEDAAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN BPJS DAN NON BPJS TERHADAP PELAYANAN GIGI DAN MULUT PADA PRAKTEK MANDIRI BPJS DOKTER GIGI KELUARGA

Jurnal Ilmiah

PERBEDAAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN BPJS DAN NON BPJS TERHADAP PELAYANAN GIGI DAN MULUT PADA PRAKTEK MANDIRI BPJS DOKTER GIGI KELUARGA

XML

Pelayanan kesehatan adalah hak yang didapatkan oleh setiap pasien, sebagaimana yang tertulis dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan. Kepuasan pasien terhadap pelayanan kesehatan gigi dan mulut adalah perbandingan antara persepsi terhadap pelayanan yang di terima dengan harapannya sebelum mendapatkan pelayanan. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien BPJS dan non BPJS terhadap pelayanan kesehatan gigi dan mulut pada praktek mandiri BPJS dokter gigi keluarga.
Jenis penelitian ini menggunakan penelitian analitik observasional dengan pendekatan cross sectional study. Penelitian ini dilaksanakan pada praktek mandiri BPJS dokter gigi keluarga dengan variabel bebas pelayanan gigi dan mulut pada praktek mandiri BPJS dokter gigi keluarga dan variabel terikat kepuasan pasien BPJS dan non BPJS. Jumlah responden yang dijadikan sampel adalah 60. Alat ukur kepuasan menggunakan Customer Satisfaction Index (CSI), Importance Performance Analyze (IPA) dan menggunakan analisis Mann Whitney U Test.
Setelah dilakukan penelitian tingkat kepuasan pasien BPJS termasuk dalam kriteria sangat puas (CSI =0,812) dan Non BPJS kriteria sangat puas (CSI= 0,812), tingkat kepuasan pasien BPJS termasuk dalam kriteria kepuasan tinggi (IPA=86,5) dan Non BPJS kriteria kepuasan tinggi (IPA=87,5) dan hasil uji Mann Whitney U Test diperoleh hasil yaitu nilai p-value > 0,05, yaitu Ho diterima dan Ha ditolak.
Tidak ada perbedaan tingkat kepuasan pasien BPJS dan non BPJS terhadap pelayanan gigi dan mulut pada praktek mandiri BPJS dokter gigi keluarga.


Informasi Detail

Pernyataan Tanggungjawab
drg. Irma HY Siregar, MH.Kes, drg. Betty Saptiwi, M.Kes
Pengarang
NUR ASTUTI - Pengarang Utama
NIM
P1337425217094
Bahasa
Indonesia
Deskripsi Fisik
XIII+61 hlm.;Bibl.;ilus.;29 cm
Dilihat sebanyak
674
Penerbit Prodi DIV Keperawatan Gigi Semarang POLTEKKES KEMENKES SEMARANG : POLTEKKES KEMENKES SEMARANG.,
Edisi
Subjek
Klasifikasi
081

Lampiran Berkas

Citation
NUR ASTUTI. (2018).PERBEDAAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN BPJS DAN NON BPJS TERHADAP PELAYANAN GIGI DAN MULUT PADA PRAKTEK MANDIRI BPJS DOKTER GIGI KELUARGA().POLTEKKES KEMENKES SEMARANG:Prodi DIV Keperawatan Gigi Semarang POLTEKKES KEMENKES SEMARANG

NUR ASTUTI.PERBEDAAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN BPJS DAN NON BPJS TERHADAP PELAYANAN GIGI DAN MULUT PADA PRAKTEK MANDIRI BPJS DOKTER GIGI KELUARGA().POLTEKKES KEMENKES SEMARANG:Prodi DIV Keperawatan Gigi Semarang POLTEKKES KEMENKES SEMARANG,2018.Jurnal Ilmiah

NUR ASTUTI.PERBEDAAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN BPJS DAN NON BPJS TERHADAP PELAYANAN GIGI DAN MULUT PADA PRAKTEK MANDIRI BPJS DOKTER GIGI KELUARGA().POLTEKKES KEMENKES SEMARANG:Prodi DIV Keperawatan Gigi Semarang POLTEKKES KEMENKES SEMARANG,2018.Jurnal Ilmiah

NUR ASTUTI.PERBEDAAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN BPJS DAN NON BPJS TERHADAP PELAYANAN GIGI DAN MULUT PADA PRAKTEK MANDIRI BPJS DOKTER GIGI KELUARGA().POLTEKKES KEMENKES SEMARANG:Prodi DIV Keperawatan Gigi Semarang POLTEKKES KEMENKES SEMARANG,2018.Jurnal Ilmiah



Dirujuk oleh 0 dokumen