Skripsi D IV
PENGARUH TERAPI BERMAIN ORIGAMI TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK HALUS PADA ANAK TUNAGRAHITA SEDANG DI BBRSBG KARTINI TEMANGGUNG
XMLAbstrak
PENGARUH TERAPI BERMAIN ORIGAMI TERHADAP KEMAMPUAN
MOTORIK HALUS PADA ANAK TUNAGRAHITA SEDANG
DI BBRSBG KARTINI TEMANGGUNG
Deti Rizka Utami1, Suyanta2, Sunarmi2
1) Mahasiswi Program Studi Sarjana Terapan Keperawatan
2) Dosen Jurusan Keperawatan Poltekkes Kemenkes Semarang
Koresponden : deti.rizka18@gmail.com
Latar Belakang – Anak tunagrahita sedang memiliki kemampuan motorik halus
yang kurang baik, memerlukan stimulus dan kegiatan khusus untuk melatih
motorik halusnya. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan
kemampuan motorik halus adalah dengan origami atau kegiatan melipat kertas.
Tujuan – Untuk mengetahui pengaruh terapi bermain origami terhadap
kemampuan motorik halus pada anak tunagrahita sedang.
Metode – Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain non
equivalent control group design. Responden dalam penelitian ini sebanyak 45
responden diambil dengan metode purposive sampling dan dibagi menjadi 2
kelompok yaitu kelompok intervensi dan kelompok kontrol. Pengukuran
kemampuan motorik halus menggunakan soal tes yang sudah teruji validitas dan
reabilitas. Intervensi terapi bermain origami dilakukan sebanyak 2 kali seminggu
dalam 1 bulan dan membutuhkan waktu 30 menit.
Hasil – Uji beda Mann-Whitney test antara 2 variabel menunjukkan terdapat
perbedaan yang bermakna antara kelompok intervensi dan kelompok kontrol yaitu
didapatkan hasil p=0.000 (p
Informasi Detail
Pernyataan Tanggungjawab |
Suyanta, S.Pd, S.Kep, MA
|
---|---|
Pengarang |
Deti Rizka Utami - Pengarang Utama
|
NIM |
P1337420714024
|
Bahasa |
Indonesia
|
Deskripsi Fisik |
Cover pink, 19x27 cm.
|
Dilihat sebanyak |
662
|
Penerbit | Prodi Keperawatan Magelang : Magelang., 2018 |
---|---|
Edisi | |
Subjek | |
Klasifikasi |
S-DIV-48
|